Selamatkan Atlet Indonesia, Presiden Jokowi Apresiasi Peselancar Filipina Roger Casugay

M. Isa | Senin, 09/12/2019 14:54 WIB
Selamatkan Atlet Indonesia, Presiden Jokowi Apresiasi Peselancar Filipina Roger Casugay Joko Widodo (Presiden RI). (Foto: twitter @jokowi)

JAKARTA, RADARBANGSA.COM - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyampaikan apresiasinya kepada peselancar tuan rumah Roger Casugay, yang rela melepas peluang di cabang Selancar Longboard Putra Sea Games 2019, karena menolong atlet Indonesia Arip Nurhidayat, yang tergulung ombak besar pantai Monaliza di La Union, Filipina, Jumat 6 Desember 2019 lalu.

“Apresiasi saya untuk peselancar Filipina, Roger Casugay, yang merelakan kesempatan meraih medali emas demi menolong pesaingnya, atlet Indonesia Arip Nurhidayat yang terjatuh dalam lomba,” kata Presiden Jokowi lewat akun media sosialnya @jokowi, Senin 9 Desember 2019.

Menurut Presiden Jokowi, memenangkan kompetisi itu penting, sportivitas olahraga juga harus dijunjung tinggi, tapi kemanusiaan di atas segalanya.

“Salam hormat dari Indonesia,” ucap Presiden Jokowi.

Seperti diberitakan di berbagai media, Casugay yang saat itu memiliki peluang untuk memenangkan lomba, memilih meninggalkan perlombaan, karena melihat pesaingnya dari Indonesia terlepas dari papan selancar dan terbawa ombak besar. Casugay menolong Arip, dan berbagi papan selancar hingga ke tepi pantai.