Presiden Jokowi Lepas Kontingen Indonesia, Target Masuk 2 Besar Sea Games 2019

Rahmad Novandri | Rabu, 27/11/2019 21:38 WIB
Presiden Jokowi Lepas Kontingen Indonesia, Target Masuk 2 Besar Sea Games 2019 Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyerahkan bendera Merah Putih kepada Chef de Mission (CdM) Sea Games 2019 Harry Warganegara saat acara pelepasan kontingen Indonesia di Istana Bogor, Jawa Barat, Rabu (27/11). (Foto: twitter @setkabgoid)

BOGOR, RADARBANGSA.COM - Presiden Joko Widodo (Jokowi) melepas kontingen Indonesia yang akan berlaga pada Sea Games ke-30 Tahun 2019 Filipina, di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, Rabu, 27 November 2019 sore. Pada kesempatan itu, Jokowi didampingi Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) Pratikno dan Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainuddin Amali.

Acara pelepasan kontingen Sea Games Indonesia diawali dengan penyerahan bendera Merah Putih dari Presiden Jokowi kepada Chef de Mission (CdM) Sea Games 2019 Harry Warganegara. 

Baca Juga: Jokowi: Indonesia Ingin Semenanjung Korea Damai dan Stabil

Dalam arahannya Presiden Jokowi mengatakan, sesuai laporan Menpora, atlet Indonesia yang akan berangkat ke Sea Games ke-30 di Filipina ada 841 atlet. Mereka akan mewakili 267 juta masyarakat Indonesia. Oleh sebab itu, dirinya berharap semangat untuk membawa nama dan reputasi negara ada di tangan ke-841 atlet Indonesia yang berlaga di Sea Games.

Jokowi mengingatkan, jika di Asian Games, Indonesia dulu berada di rangking ke-15, ranking ke-17, tapi bisa meloncat ke ranking 4. Sementara di Sea Games yang sebelumnya, Indonesia selalu berada di rangking 5, sebelumnya 5 lagi. Tapi, Jokowi meminta di kejuaraan olahraga negara-negara ASEAN tahun ini, Indonesia harus masuk ke 2 besar.

“Siap?,” tanya Presiden Jokowi yang langsung dijawab oleh seluruh anggota kontingen Indonesia dengan lantang, “Siap!”.

Selain itu, Jokowi mengingatkan agar berhati-hati dengan target yang harus diperjuangkan itu, karena bukan rangking yang mudah diraih.

“Tapi saya melihat dari wajah saudara-saudara memperlihatkan semangat yang tinggi yang kita harapkan apa yang tadi saya sampaikan betul-betul bisa kita raih, meskipun saya tahu bukan hal yang mudah, bukan hal yang gampang,” tegasnya.

Baca Juga: Presiden Jokowi Dorong ASEAN dan Korea Lakukan Tiga Terobosan

Mantan Gubernur DKI Jakarta itu meyakini, dukungan 267 juta rakyat Indonesia akan memberikan sebuah semangat tersendiri bagi perjuangan para atlet meraih medali yang sebanyak-banyaknya di arena Sea Games.

“Dengan mengucap Bismillahirrahmanirrahim, saya berangkatkan tim Sea Games ke-30 di Filipina tahun 2019,” kata Presiden secara resmi melepas kontingen Indonesia ke Sea Games 2019.

Selanjutnya presiden berfoto bersama dengan para atlet dan official di tangga utama Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat.