Gowes Nusantara 2019 Kemenpora Dimulai di Kota Padang

Rahmad Novandri | Jum'at, 29/03/2019 17:08 WIB
Gowes Nusantara 2019 Kemenpora Dimulai di Kota Padang Kemenpora menggelar konferensi pers Gowes Nusantara 2019, Jumat (29/3). (Dok Kemenpora)

JAKARTA, RADARBANGSA.COM - Gowes Nusantara 2019 yang mengusung tema "Kita Semua Bersaudara" akan kick off di Kota Padang, Sumatera Barat pada tanggal 31 Maret 2019. Hal itu dikatakan Deputi Pembudayaan Olahraga Raden Isnanta saat Konferensi Pers, Jumat, 29 Maret 2019 siang di Media Center Kemenpora.

Menurutnya, melalui tema ini akan dapat mempererat tali persaudaraan bagi seluruh rakyat Indonesia apapun sukunya, bahasanya, warna kulitnya juga agama yang dianutnya.

"Saya berharap melalui program Gowes Nusantara 2019 ini dapat merangkai dan menguatkan persatuan di kebinekaan, sesuai dengan tema yang diusung. Dengan bergowes bersama-sama oleh komunitas-komunitas sepeda maupun personal akan tercipta interaksi sosial yang positif," jelasnya.

Ia melanjutkan, program yang bertujuan mengolahragakan masyarakat dan memasyarakatkan olahraga ini akan dilaksanakan di 50 Kabupaten/Kota dan 48 Kabupaten/Kota yang dilalui oleh Gowes Fun dan Gowes jelalah.

"Puncak Gowes Nusantara 2019 sendiri rencananya akan dilaksanakan pada September 2019 mendatang. Tepatnya, saat perayaaan Hari Olahraga Nasional (Haornas) pada tanggal 9 September," ujarnya.

Pelaksanaan kegiatan Gowes Nusantara 2019 ini bekerjasama dengan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN), hal ini untuk menjaga ketahanan keluarga melalui olahraga dengan melakukan gaya hidup sehat serta menjauhkan diri dari narkoba.

"Gowes Nusantara menjadi komitmen Kemenpora untuk terus menyelenggarakan program dan kegiatan olahraga yang secara langsung menyentuh dan mengajak masyarakat untuk berolahraga demi mencapai budaya hidup yang sehat. Pada tahun ini kita bekerjasma dengan BKKBN," paparnya.

Sementara itu, salah satu tim penjelajah Gowes Nusantara 2019 Ade Imanudin menjelaskan jelajah Gowes Nusantara direncanakan akan dimulai pada tanggal 13 Juli 2019 yang startnya dari titik Nol Kilometer yaitu Sabang, di titik inilah kita akan mulai penjelajah yang selanjutnya akan menyusuri Papua hingga ke Jayapura. Kemudian menuju ke wilayah Papua Barat melalui Manokwari, Sorong dan Raja Ampat.

"Selanjutnya kita akan masuk ke wilayah Provinsi Maluku Utara, Ternate, Tidore dan Kepulauan Halmahera menuju ke Maluku, Ambon dan Pulau Seram. Kemudian lanjut menyeberang menuju Pulau Timor, perbatasan dengan negara Timor Leste, kemudian ke pulau Sumba. Tahun ini direncanakan penjelajah Nusantara akan masuk ke pulau Sumba dan eksplorasi seluruh wilayah kabupaten yang ada di pulau Sumba mulai dari Sumba Barat Daya Sumba Barat Sumba Tengah waibakul Sumba Timur dan lanjut kita akan menyebrang Ke Nusa Tenggara Timur," ujar Ade.

Dia menambahkan, rencananya sampai ke pulau Flores Larantuka kemudian menuju Maumere, Ende, hingga kemudian ke Labuan Bajo dan ke Pulau Sumbawa Sumbawa. Terakhir ke wilayah Nusa Tenggara Barat dan direncanakan tanggal 1 September finis bersamaan dengan kegiatan Gowes Nusantara 2019 secara nasional di kota Mataram. 


Berita Terkait :