Presiden Jokowi Minta TNI/Polri Perbaiki Citra Supaya Lebih Dipercaya

Rahmad Novandri | Kamis, 12/09/2024 21:15 WIB
Presiden Jokowi Minta TNI/Polri Perbaiki Citra Supaya Lebih Dipercaya Joko Widodo (Presiden RI). (Foto: Setkab RI)

RADARBANGSA.COM - Presiden Joko Widodo meminta jajaran TNI dan Polri terus memiliki semangat untuk memperbaiki citra masing-masing agar semakin dicintai dan dipercaya oleh masyarakat.

"Semangat untuk memperbaiki citra diri, semangat untuk memperbaiki citra institusi agar TNI dan Polri semakin dicintai dan dipercaya oleh rakyat. Meskipun sekarang ini memang (hasil survei) rankingnya sudah tinggi, tetapi kalau kita perbaiki terus itu akan bisa naik lagi," kata Presiden Jokowi saat memberikan arahan kepada para pejabat TNI dan Polri di Istana Negara, Ibu Kota Nusantara (IKN), Kalimantan Timur, Kamis, 12 September 2024.

Presiden Jokowi menegaskan bahwa seragam yang dikenakan anggota TNI dan Polri memiliki dampak yang sangat besar di masyarakat. "Jika melakukan hal yang baik, saudara-saudara semuanya akan dicintai dan dihormati rakyat," ujar Presiden. 

Pada kesempatan itu, Presiden memberikan sejumlah contoh kecil yang dilakukan anggota TNI maupun Polri kepada masyarakat. Hal kecil tersebut memberikan dampak positif terhadap citra institusi. 

Namun, Jokowi juga mengingatkan jika anggota TNI maupun Polri melakukan hal-hal buruk maka dampak negatifnya juga akan berdampak besar di masyarakat. Misalnya, terlibat judi online, narkoba hingga penganiayaan.

"Ini akibatnya terhadap institusi juga kepercayaan akan turun karena apa? Sekarang ini zaman keterbukaan. Kita semua harus sadar, sekarang ini ada zaman keterbukaan. Hal-hal yang saudara-saudara anggap itu sepele, itu kecil bisa menjadi sesuatu yang sangat besar. Bisa menjadi sesuatu yang mengganggu stabilitas, bila kita salah mengelola," tukasnya.