Polri Siapkan Strategi Pengamanan Mudik 2024 Cegah Macet dan Kecelakaan

Rahmad Novandri | Senin, 25/03/2024 16:31 WIB
Polri Siapkan Strategi Pengamanan Mudik 2024 Cegah Macet dan Kecelakaan Jenderal Listyo Sigit Prabowo (Kapolri). (Foto: mitranews.net)

RADARBANGSA.COM - Kapolri Jenderal Pol. Listyo Sigit Prabowo mengatakan bahwa pihaknya menyiapkan strategi untuk mengawal pelaksanaan mudik dan balik Lebaran 2024 agar berjalan aman dan lancar terhindar dari kemacetan serta menurunkan angka kecelakaan lalu lintas.

"Tentunya untuk mudik kali ini kami siapkan strategi terkait dengan rekayasa lalu lintas," kata Kapolri usai rapat koordinasi lintas sektor kesiapan Operasi Ketupat 2024 di Jakarta Selatan, Senin, 25 Maret 2024.

Jenderal polisi bintang empat itu menjelaskan, Polri melaksanakan Operasi Ketupat 2024 dalam rangka melayani pelaksanaan arus mudik dan arus balik Lebaran. Operasi berlangsung selama 13 hari, mulai 4 April hingga 16 April.

"Sebelum operasi digelar, diawali dengan kegiatan rutin yang ditingkatkan (KRYD) di seluruh polda jajaran. Setelah Operasi Ketupat, dilaksanakan kegiatan serupa," paparnya.

Mengingat prediksi jumlah pergerakan masyarakat yang akan melakukan perjalanan saat mudik maupun balik meningkat sekitar 56 persen dari data tahun 2023, Polri mengerahkan kekuatan pasukan relatif cukup besar, sebanyak 155.165 personel.

Jumlah ini, kata Sigit, diperkuat dengan personel lainnya dari kementerian dan lembaga terkait (Kemenhub, pemerintah daerah, dan Kemenkes), termasuk TNI sebanyak 69.969 personel.

Selain itu, juga digelar kurang lebih 5.784 pos yang disiapkan untuk layani (posyan), pengamanan (pospam), dan pos terpadu. Pos ini terdiri atas 3.772 pos pengamanan, 1.532 pos pelayanan, dan 480 pos terpadu.

"Pos akan disiapkan untuk beri pelayanan yang ada di jalan tol, rest area, dan arteri, termasuk jalur-jalur yang kami siapkan untuk memberikan pengamanan di wilayah-wilayah wisata," tuturnya.


Berita Terkait :