Menkop Teten sebut Minyak Makan Merah Sehat

Anata Lu’luul Jannah | Kamis, 14/03/2024 16:08 WIB
Menkop Teten sebut Minyak Makan Merah Sehat Minyak Makan Merah (Doc: Kemenkop)

RADARBANGSA.COM - Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki mengatakan bahwa minyak makan merah dapat menjadi alternatif minyak goreng sehat karena mengandung senyawa alami kelapa sawit, tetapi dengan harga yang terjangkau.

Pabrik minyak makan merah di Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara, yang dikelola koperasi sebagai bentuk inisiatif Kementerian Koperasi dan UKM melalui kemitraan antara Koperasi Pujakesuma dengan PT PTPN II, diresmikan Presiden Joko Widodo pada Kamis.

Dalam acara peresmian, Teten mengatakan bahwa pabrik minyak makan merah di Sumatera Utara ini menjadi pabrik pertama di Indonesia yang memproduksi produk baru minyak makan merah.

Teten mengungkapkan, saat ini lebih dari 40 persen lahan perkebunan sawit di Indonesia dimiliki dan dikelola oleh petani swadaya.

Namun, ia menyayangkan bahwa berpuluh-puluh tahun petani sawit dihadapkan dengan persoalan harga tandan buah segar (TBS) yang naik turun dan penuh ketidakpastian.

“Pada sisi lain, kita juga menghadapi pasokan dan harga minyak goreng di pasar yang juga sangat dinamis. Bahkan, pernah pada satu waktu langka di pasaran dengan harga melambung tinggi,” ujar Teten dalam siaran pers kementerian.

Ia berharap ke depan setiap 1.000 hektare perkebunan sawit yang dikelola oleh koperasi dilengkapi dengan pabrik minyak makan merah sebagai infrastruktur pelengkapnya.


Berita Terkait :