Hadiri KTT Khusus Kemitraan ASEAN-Australia, Jokowi Dorong Kerja Sama Ekonomi

M. Isa | Rabu, 06/03/2024 23:04 WIB
Hadiri KTT Khusus Kemitraan ASEAN-Australia, Jokowi Dorong Kerja Sama Ekonomi Presiden Jokowi menghadiri KTT Khusus Perayaan ke-50 Kemitraan ASEAN – Australia (foto: istimewa)

RADARBANGSA.COM - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menghadiri KTT Khusus Perayaan ke-50 Kemitraan ASEAN – Australia di Melbourne, Rabu (6/03).

Dalam kesempatan tersebut Presiden Jokowi menyampaikan bahwa menginjak usia emas 50 tahun, kemitraan ASEAN-Australia menuju babak baru menuju hubungan yang semakin menguntungkan. Australia adalah mitra wicara tertua bagi ASEAN dan menjadi penghubung ASEAN dengan kawasan Indo Pasifik. 

“Kita berbagi kawasan Indo Pasifik, di mana stabilitas, perdamaian, dan kemakmurannya menjadi tujuan dan tanggung jawab bersama,” ungkap Presiden Jokowi.

Untuk menguatkan kerja sama yang telah terjalin dalam bidang ekonomi antara ASEAN dan Australia, Presiden Jokowi mendorong tiga hal. Pertama, penguatan integrasi ekonomi ASEAN dan Australia melalui investasi, perdagangan, dan implementasi ASEAN Outlook on Indo Pacific (AOIP).

Kedua, kata Jokowi,  percepatan transisi energi. ASEAN telah menyepakati “ASEAN Strategy for Carbon Neutrality” di tahun 2023 lalu untuk mendorong transformasi kawasan menuju ekonomi hijau. Dukungan Australia dalam bentuk investasi dan transfer teknologi akan diperlukan ASEAN untuk melakukan transisi ke ekonomi hijau. 

Terakhir, lanjut Presiden Jokowi, kerja sama transformasi digital. ASEAN tahun lalu telah memulai perundingan ASEAN Digital Economy Framework Agreement (DEFA) untuk mewujudkan potensi ekonomi digital kawasan yang diprediksi mencapai USD1 triliun pada 2030. 

“Saya harap Australia dapat mendukung upaya transformasi digital ASEAN melalui skill development, knowledge sharing, dan kemitraan publik dan privat yang kuat,” pungkas Presiden Jokowi.


Berita Terkait :