Wapres RI Sebut Adipura sebagai Medium Tingkatkan Kualitas Lingkungan Hidup

Rahmad Novandri | Selasa, 05/03/2024 16:52 WIB
Wapres RI Sebut Adipura sebagai Medium Tingkatkan Kualitas Lingkungan Hidup KH Maruf Amin (Wakil Presiden RI). (Foto: twitter @Kiyai_MarufAmin)

RADARBANGSA.COM - Wakil Presiden (Wapres) RI, KH. Maruf Amin mengatakan bahwa penyelenggaraan penghargaan Adipura sebagai salah satu medium afirmatif atas upaya mewujudkan peningkatan kualitas lingkungan hidup yang berkelanjutan di Indonesia.

"Ke depan, saya harapkan program ini dapat terus diperkaya dengan ragam inovasi sehingga mampu menyesuaikan dengan dinamika zaman serta perubahan arah kebijakan," kata Wapres saat menyampaikan sambutan pada acara pemberian Penghargaan Adipura Tahun 2023 di Gedung Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK), Jakarta, Selasa, 5 Maret 2024.

Wapres juga meminta esensi program Adipura agar senantiasa terjaga, yaitu untuk memastikan keterlibatan berbagai elemen.

"Utamanya, komitmen dan kinerja pimpinan daerah hingga peran serta masyarakat secara luas dalam mewujudkan pembangunan berkelanjutan," tuturnya.

Lebih lanjut, ia mengatakan persoalan pengelolaan sampah semakin menjadi isu yang kompleks dan terus berkembang serta telah menjadi salah satu perhatian utama pemerintah.

"Pada tahun 2025, kita menetapkan target Kebijakan dan Strategi Nasional (Jakstranas) pengurangan sampah sebesar 30 persen dan penanganan sampah sebesar 70 persen. Selain itu, pemerintah juga menargetkan nol sampah nol emisi pada tahun 2050," terang Wapres.

Ia mengharapkan melalui program Adipura terjadi peningkatan komitmen kontribusi dan capaian pemerintah daerah baik dalam melaksanakan amanat Undang-Undang Nomor 18 Tahun 2008 tentang Pengelolaan Sampah maupun dalam upaya memenuhi target Jakstranas Pengelolaan Sampah Rumah Tangga dan Sampah Sejenis Sampah Rumah Tangga.

Dalam kesempatan tersebut, Wapres didampingi Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Situ Nurbaya turut menyerahkan Anugerah Adipura Kencana sebagai penghargaan tertinggi bagi kabupaten/kota yang mampu menunjukkan kinerja pengelolaan lingkungan hidup yang inovatif dan berkelanjutan.

Pada periode ini, ada lima kabupaten/kota yang meraih Adipura Kencana, yaitu Kota Balikpapan, Kota Surabaya, Kota Bontang, Kota Bitung, dan Kabupaten Ciamis.