Tinjau Pembangunan IPA Sepaku IKN, Menteri Basuki: Operasional Juni 2024

M. Isa | Jum'at, 01/03/2024 22:21 WIB
Tinjau Pembangunan IPA Sepaku IKN, Menteri Basuki: Operasional Juni 2024 Menteri PUPR Basuki Hadimuljono tinjau pembangunan IPA untuk IKN (foto: istimewa)

RADARBANGSA.COM - Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono meninjau pembangunan Instalasi Pengolahan Air (IPA) Sepaku di Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, Kamis (29/2/2024).

"Salah satu kunci adalah stasion pompa yang sudah harus terpasang pada Mei 2024, supaya pada Juni 2024, IPA ini bisa mulai beroperasi. Kualitas pompa harus kualitas terbaik, karena IPA ini akan menjadi sumber air minum utama untuk seluruh kawasan IKN," kata Menteri Basuki dalam rilis pupr, Jumat, 1 Maret 2024.

Sementara itu, Direktur Jenderal Cipta Karya Diana Kusumastuti menjelaskan, saat ini progres pembangunan IPA Sepaku secara keseluruhan telah mencapai 44%. 
"Jaringan pipa distribusi utama dan pembagi ke KIPP IKN juga sudah mulai dipasang, saat ini untuk tahap 1 sudah terpasang 56%," jelas Diana.

Pembangunan IPA Sepaku tahap 1 dilaksanakan oleh PT. Adhi Karya  - PT. Brantas Abipraya KSO selaku kontraktor pelaksana dan KSO PT. Virama Karya -Areng MP-PT. Waseco Tirta selaku konsultan MK. Biaya pembangunannya sebesar Rp328,18 miliar.

"Jaringan distribusi utama (JDU) akan mengalirkan air minum dari reservoir induk ke wilayah pelayanan persil di Sub WP 1A," tukasnya.

TAG : IPA Sepaku , IKN

Berita Terkait :