Kemlu RI Sebut Penyelenggaraan Pemilu di Luar Negeri Berlangsung Kondusif

Rahmad Novandri | Senin, 12/02/2024 15:45 WIB
Kemlu RI Sebut Penyelenggaraan Pemilu di Luar Negeri Berlangsung Kondusif Pemungutan suara Pemilu 2024 di Cape Town. (Foto: Kemlu)

RADARBANGSA.COM - Juru Bicara Kementerian Luar Negeri Lalu Muhamad Iqbal menyebut penyelenggaraan pemilu Indonesia di luar negeri berjalan kondusif, meskipun ada beberapa masalah.

Namun, kata dia, masalah tersebut bisa diselesaikan dengan baik oleh panitia pemilihan luar negeri (PPLN) di masing-masing negara.

"Sejauh pantauan kami, semua berlangsung kondusif. Ada saja masalah muncul di sana-sini, tetapi dengan dukungan perwakilan RI, PPLN di masing-masing negara dapat menyelesaikan masalahnya dengan baik," ujar Iqbal dikutip dari antaranews, Senin, 12 Februari 2024.

Iqbal mengakui bahwa penyelenggaraan pemilu Indonesia di luar negeri memang tidak mudah karena harus menghormati hukum dan aturan setempat. Untuk itu, dukungan dan fasilitasi oleh perwakilan RI di luar negeri sangat dibutuhkan.

"Kemlu dan perwakilan RI bukan penyelenggara, tetapi sebagai bentuk tanggung jawab moral, Menlu (Retno Marsudi) meminta semua perwakilan RI untuk memantau dan mendukung kesuksesan pemilu (untuk WNI) di luar negeri," tuturnya.


Berita Terkait :