Menteri PPPA Serukan Ruang Belajar Setara

Rahmad Novandri | Rabu, 31/01/2024 23:29 WIB
Menteri PPPA Serukan Ruang Belajar Setara Menteri PPPA Bintang Puspayoga (foto: setkab)

RADARBANGSA.COM - Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) Bintang Puspayoga mengajak para akademisi bersinergi menciptakan ruang belajar yang aman, nyaman, dan setara antara anak perempuan dan laki-laki.

"Sumber daya yang paling berharga bagi suatu bangsa bukanlah tambang atau minyak bumi, tetapi sumber daya manusia yang berkualitas," kata Menteri Bintang Puspayoga dalam keterangan yang dikutip Rabu, 31 Januari 2024.

Menurutnya, investasi terpenting adalah memberikan pendampingan atas pendidikan kepada anak-anak baik anak laki laki maupun perempuan yang merupakan generasi penerus bangsa.

Kementerian PPPA, lanjutnya, telah melakukan berbagai upaya terkait isu pemberdayaan perempuan dan perlindungan anak sesuai dengan lima arahan Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Menteri Bintang Puspayoga mengatakan pentingnya peran masyarakat, termasuk akademisi, dalam menuntaskan arahan Presiden RI tersebut.

Adapun lima arahan Presiden RI tersebut antara lain  peningkatan pemberdayaan perempuan dalam kewirausahaan berperspektif gender, peningkatan peran ibu/keluarga dalam pendidikan dan pengasuhan anak, penurunan kekerasan terhadap perempuan dan anak, kemudian penurunan pekerja anak, serta pencegahan perkawinan anak,”

"Seluruh pihak harus hadir mewujudkan mimpi perempuan dan anak Indonesia. Hal ini juga sejalan dengan berkomitmen Yayasan Dwijendra di usia ke-71 untuk menjaga alam, masyarakat, dan budaya, khususnya di Bali," tuturnya.