Anies Baswedan Siap Wujudkan Kampung Bebas Kumuh

Rahmad Novandri | Selasa, 26/12/2023 20:18 WIB
Anies Baswedan Siap Wujudkan Kampung Bebas Kumuh Anies Baswedan (Calon Presiden RI). (Foto: Istimewa)

RADARBANGSA.COM - Calon Presiden (Capres) nomor ururt 1, Anies Rasyid Baswedan menyampaikan bahwa pihaknya akan merealisasikan program pengelolaan kampung untuk mewujudkan kampung bebas kumuh jika nanti terpilih menjadi Presiden RI periode 2024-2029.

"Saya berterima kasih kepada masyarakat yang menjadikan Gang Kamboja, Pontianak ini sebagai Kampung Anies, dan info-nya nanti juga akan ada kampung Muhaimin yang juga akan di buat oleh masyarakat Pontianak," kata Anies saat meresmikan Kampung Anies yang terletak di Gang Kamboja, Jl. Tanjung Pura, Kota Pontianak, Kalbar, Selasa, 26 Desember 2023.

Ditegaskannya, pasangan AMIN (Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar) memastikan ada perubahan untuk Indonesia setelah mereka terpilih. "Saya pastikan akan ada perubahan jika saya dan Pak Muhaimin terpilih menjadi Presiden dan Wakil Presiden periode 2024-2029, termasuk akan memerhatikan infrastruktur di setiap kampung yang ada di Indonesia," terangnya.

Anies menyebutkan akan ada perubahan ke depan dengan memprioritaskan pemenuhan kebutuhan dasar masyarakat, membangun bukan saja infrastruktur besar tapi infrastruktur mikro, yang di dalamnya terdapat fasilitas air minum, jalan kampung, sekolah, pasar, tempat bermain anak dan lainnya.

"Pembenahan kampung kumuh menjadi lebih maju ini akan kami lakukan dengan tanpa menggusur. Karena yang kita gusur itu adalah kekumuhan-nya, bukan kampungnya," tuturnya seperti dikutip dari antaranews.

Dia menyebut akan memperindah kampung, menaikkan anggaran desa, dan membuat Puskesmas dan Posyandu lebih proaktif untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat desa. Karena menurutnya, untuk membangun Indonesia tidak bisa lepas dari peran setiap kampung/desa yang ada di dalamnya.

"Kami akan kerjakan itu agar kampung-kampung merasakan kemajuan, tidak kalah dengan kawasan urban lainnya, maka dari itu kami ingin memberikan perhatian yang lebih pada kampung terkait pemenuhan infrastruktur dasar yang ada di dalamnya," tukasnya.

Terkait pembentukan Kampung Anies tersebut, dirinya memberikan apresiasi kepada masyarakat Kota Pontianak, dan diharapkan itu bisa menjadi percontohan bagi daerah lainnya.


Berita Terkait :