Presiden Jokowi Kunjungi Pasar Waru, Sejumlah Komoditas Tunjukkan Perubahan Positif

Rahmad Novandri | Jum'at, 22/12/2023 14:55 WIB
Presiden Jokowi Kunjungi Pasar Waru, Sejumlah Komoditas Tunjukkan Perubahan Positif Presiden Jokowi kunjungi Pasar Waru di Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, Kamis (21/12). (Foto: Setkab RI)

RADARBANGSA.COM - Presiden RI, Joko Widodo (Jokowi) mengunjungi Pasar Waru, Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, Kamis, 21 Desember 2023. Dalam keterangan persnya usai kunjungan, Presiden mengatakan bahwa hasil peninjauan harga beberapa komoditas pokok yang menunjukkan adanya perubahan yang positif.

"Ya ini ngecek harga-harga di pasar di Penajam Paser Utara, di PPU. Saya lihat sangat baik. Cabai rawit yang sebelumnya Rp120 [ribu] sampai Rp100 (ribu), hari ini saya cek tadi sudah Rp80 (ribu), bagus. Dan bawang merah juga di harga Rp30 (ribu)-Rp35 (ribu), juga bagus saya kira, ya baik. Itu saja, yang lain-lain saya kira stabil," kata Presiden Jokowi.

Terkait harga beras yang mengalami kenaikan signifikan tahun 2022, dari harga beras yang awalnya Rp9.000 per kilogram kini mencapai Rp14.000 per kilogram, Presiden menjelaskan bahwa hal tersebut karena komoditas menjadi rebutan seluruh negara.

"Ya itu seluruh dunia. Seluruh dunia yang namanya gandum, yang namanya beras, semuanya naik karena memang produksi turun, pasokan kurang, sehingga menjadi komoditi beras menjadi rebutan seluruh negara. Semuanya, semuanya," tukasnya.

Presiden juga menegaskan komitmen pemerintah untuk terus meningkatkan cadangan strategis beras melalui BULOG guna menghadapi fluktuasi pasar global.

"Dan kita ini juga masih terus untuk memperbesar stok di BULOG, kita juga terus mencari agar cadangan strategis beras kita betul-betul pada kondisi yang aman, ya," pungkasnya.


Berita Terkait :