Anies Baswedan Bakal Jadikan UMKM Sebagai Program Nasional

Rahmad Novandri | Kamis, 21/12/2023 22:37 WIB
Anies Baswedan Bakal Jadikan UMKM Sebagai Program Nasional Anies Baswedan (Calon Presiden nomor urut 1). (Foto: katadata)

RADARBANGSA.COM - Calon Presiden (Capres) nomor urut 1, Anies Baswedan memastikan program pengembangan usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) sebagai salah satu program nasional, jika pasangan AMIN (Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar) terpilih pada Pilpres 2024.

"Jika saya menjadi presiden saya akan mendorong UMKM sebagai salah satu program nasional, selain itu juga membuat industrialisasi di bidang-bidang yang padat karya," kata Anies saat giat kampanye di Gedung Gelanggang Remaja (GGR) Maulana Yusuf, Kota Serang, Banten, Kamis, 21 Desember 2023.

Dijelaskannya, hal ini berkaca pada kasus yang terjadi saat beliau menjabat sebagai Gubernur DKI Jakarta. Menurut Anies, selain faktor modal dan pemasaran, permasalahan yang dihadapi oleh UMKM adalah perizinan.

"Untuk mengantisipasi masalah tersebut, sudah saatnya pemerintah tidak menunggu para pelaku UMKM, untuk memproses perizinan secara mandiri," ujarnya.

Anies mengungkapkan, pemerintah yang harus aktif turun ke bawah, untuk memfasilitasi hal tersebut. Program seperti ini, sudah pernah ia lakukan saat menjabat Gubernur DKI Jakarta

"Jadi bukan masyarakat yang meminta izin, tapi kita yang memberikan izin," imbuhnya.

Maka dari itu, Anies menyampaikan, pada tanggal 14 Februari 2024 dengan waktu enam jam pada saat itu adalah kesempatan untuk memilih pemimpin yang dapat membawa perubahan.


Berita Terkait :