Keluarga Fondasi Awal Budaya Literasi di Era Digital

Rahmad Novandri | Rabu, 13/12/2023 22:55 WIB
Keluarga Fondasi Awal Budaya Literasi di Era Digital Adin Bondar (Deputi Bidang Pengembangan Sumber Daya Perpustakaan, Perpustakaan Nasional RI). (Foto: RRI)

RADARBANGSA.COM - Keluarga menjadi kelompok lingkungan terkecil yang membentuk kepribadian seseorang. Deputi Bidang Pengembangan Sumber Daya Perpustakaan, Perpustakaan Nasional (Perpusnas) RI Adin Bondar menyatakan bahwa keluarga adalah fondasi awal untuk meningkatkan budaya literasi di era digital, karena keluarga merupakan madrasah pertama bagi anak.

"Keluarga merupakan pranata sosial dan madrasah pertama bagi pertumbuhan serta perkembangan kognitif emosional anak. Oleh karena itu, sejalan dengan Undang-Undang (UU) Nomor 43 tahun 2007 tentang Perpustakaan, upaya menumbuhkan budaya baca ada tiga pilar, yakni keluarga, satuan pendidikan dan masyarakat," ujar Adin dalam keterangannya dikutip dari antaranews, Rabu, 13 Desember 2023.

Dijelaskannya, kegemaran membaca di satuan pendidikan sudah berkembang melalui sekolah maupun perguruan tinggi. Kemudian, di masyarakat juga ada program transformasi perpustakaan berbasis inklusi sosial (TPBIS), dimana perpustakaan jadi ruang terbuka bagi masyarakat.

Hingga kini, lanjut dia, program TPBIS sudah dilakukan di 3.262 desa yang sudah bertransformasi dan melibatkan tiga juta warga.

Ia menyebutkan sudah dilakukan kajian terkait indikator tingkat kegemaran membaca kepada 1.300 responden di seluruh Indonesia, yang menunjukkan ada pertumbuhan lebih baik, dari tahun 2022 dengan nilai 63,9, meningkat menjadi 66,7 pada tahun 2023.

Menurut Adin, ada satu kesadaran yang mesti dibangun tentang bagaimana membangun sumber daya manusia berkualitas berbasis keluarga, melalui tahapan yang dilakukan untuk penguatan literasi pada tiga segmentasi.

Pertama, pada kelompok pranikah. Mereka akan diberikan edukasi untuk memiliki kesadaran yang baik, bagaimana membangun hubungan keluarga yang harmonis, hingga memahami reproduksi, sehingga menjadi keluarga bahagia setelah menikah.

Kedua, keluarga yang akan memiliki anak. Kelompok ini akan diberikan edukasi melalui konten-konten literasi yang bisa diakses, sehingga mereka memiliki panduan melakukan stimulasi perkembangan kognitif dan emosional motorik anak.

Yang ketiga, lanjutnya, adalah tahap anak pada usia emas 0-6 tahun, melalui stimulasi berbagai kegiatan yang dilakukan keluarga.

Adin mengungkapkan Perpusnas saat ini sudah mengembangkan perluasan akses pengetahuan literasi keluarga secara digital melalui aplikasi super, yakni IPusnas dan Bintang Pusnas Edu.

"Semua itu guna peningkatan kualitas perpustakaan sekolah/madrasah, dan enam bentuk perguruan tinggi dalam mendukung program merdeka belajar dan kampus merdeka, serta percepatan pembinaan perpustakaan dalam menjalankan tugas dan fungsinya," papar Adin.

Program penguatan literasi keluarga berbasis digital adalah upaya mendukung transformasi perpustakaan inklusif untuk kesejahteraan, mulai dari usia ibu mengandung hingga ke usia lanjut.

"Usia emas anak adalah 0-6 tahun, dan pada periode ini, anak-anak memerlukan role model, bacaan, dan permainan edukatif. Konsep ini harus didorong agar bangsa kita memiliki daya saing di masa depan," ungkapnya.

Ia menilai banyak kasus gizi buruk tidak hanya disebabkan oleh faktor ekonomi, tetapi juga oleh ketidaktahuan tentang gizi dan perawatan yang baik. Oleh karena itu, peningkatan akses informasi dan pengetahuan adalah kunci mengatasi masalah ini.

Dengan literasi yang kuat, lanjut dia, individu dapat mencapai tingkat produktivitas yang lebih tinggi, memperbaiki ekonomi, serta membangun kebahagiaan dan rasa percaya diri dalam masyarakat, sehingga kualitas hidupnya semakin meningkat.

"Pembentukan manusia berkualitas tidak hanya pada satuan pendidikan, tetapi ada di orang tua, untuk membentuk keluarga pilihan sebagai role model bagaimana mengakselerasi kegemaran membaca pada keluarga," tuturnya.

Ia mengutarakan pemerintah perlu terus berkolaborasi dengan berbagai pihak untuk menjadikan budaya membaca menjadi kebiasaan. "Membaca harus menjadi kebiasaan, bukan paksaan, dan dilakukan melalui kesadaran," kata Adin Bondar.


Berita Terkait :