Menteri Budi: Realisasi Belanja Produk Dalam Negeri Kemenhub Tahun 2023 Lampaui Target

M. Isa | Rabu, 06/12/2023 22:03 WIB
Menteri Budi: Realisasi Belanja Produk Dalam Negeri Kemenhub Tahun 2023 Lampaui Target Budi Karya Sumadi (Menteri Perhubungan RI). (Foto: Setkab RI)

RADARBANGSA.COM – Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi mengatakan, pealisasi belanja produk dalam negeri Kementerian Perhubungan Tahun 2023 melampaui target yang ditetapkan.

“Realisasi belanja produk dalam negeri tahun ini mencapai Rp13,24 triliun atau melampaui 54 persen dari target yang ditetapkan. Begitu pun belanja di sektor UMKM mencapai Rp3,84 triliun, atau melampaui 39 persen dari target yang ditetapkan,” kata Menhub Budi Karya Sumadi di Jakarta, Selasa, 5 Desember 2023.

Menhub Budi menegaskan bahwa pihaknya akan terus meningkatkan kualitas pengadaan barang/jasa pemerintah dan pengelolaan Barang Milik Negara (BMN) melalui berbagai upaya. Di antaranya yaitu melalui penggunaan e-katalog, yang dapat menjamin kepastian spesifikasi teknis, lebih efisien, terukur, serta meningkatkan akuntabilitas.

“Realisasi transaksi yang telah kami lakukan tahun ini melalui pengadaan e-katalog mencapai 2,49 triliun rupiah atau 3.173 jumlah transaksi,” ungkapnya.

Menhub juga menuturkan abhwa jajarannya akan terus berkomitmen meningkatkan belanja produk dalam negeri di sektor transportasi.

“Saat situasi pandemi Covid-19, sektor UMKM lah yang menunjukkan kekuatannya menjadi pilar pertahanan kesejahteraan masyarakat. Jika penggunaannya semakin meningkat, maka akan berdampak pada terdongkraknya pertumbuhan ekonomi nasional,” tukasnya.