KPU RI Ungkap Bakal Rapat Bersama Tim Paslon Bahas Debat Pemilu 2024

Rahmad Novandri | Selasa, 05/12/2023 07:30 WIB
KPU RI Ungkap Bakal Rapat Bersama Tim Paslon Bahas Debat Pemilu 2024 KPU RI telah menetapkan nomor urut pasangan calon presiden-calon wakil presiden peserta Pilpres 2024. (Foto: KPU RI)

RADARBANGSA.COM - Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI akan mengadakan kembali rapat koordinasi dengan seluruh tim kampanye pasangan capres-cawapres untuk membahas mekanisme pelaksanaan debat Pemilu 2024. Pertemuan tersebut, kata Idham, untuk mematangkan kembali persiapan debat paslon Pilpres mendatang.

"KPU sudah merencanakan bahwa KPU akan melakukan rapat koordinasi kembali dengan seluruh tim kampanye terlepas adanya pemberitaan yang begitu masif terkait dengan debat ini," kata Anggota KPU RI Idham Holik di Kantor KPU, Jakarta, Senin, 4 Desember 2023.

Diterangkannya, KPU akan menjelaskan seluruh mekanisme pelaksanaan debat dalam rapat tersebut. Sementara itu, lanjut dia, KPU mempersilakan tim kampanye untuk memberikan masukan dan tanggapan. 

"Tetapi nanti keputusannya akan diambil oleh KPU secara mandiri. Jika keputusan sudah diambil maka hal tersebut langsung dikomunikasikan kepada publik," tuturnya.

Walaupun demikian, Idham belum menjelaskan secara rinci mengenai tanggal pelaksanaan dari rapat koordinasi yang mengundang para tim kampanye dari tiga pasangan capres-cawapres. "Dalam waktu dekat, diupayakan segera mungkin," imbuh Idham.

Di sisi lain, Idham mengatakan bahwa 8 hari tersisa menuju pelaksanaan debat pertama dianggap cukup oleh KPU untuk memutuskan mekanisme pelaksanaan debat. "Delapan hari kan masih ada rentang waktu yang cukup. Mepet enggak mepet itu tergantung sudut
pandang. Bagi kami itu adalah waktu yang cukup," tandasnya.