Muhammad Kadafi Dorong Kemendikbudristek Berikan Akses TIK Merata ke Setiap Sekolah

Rahmad Novandri | Rabu, 08/11/2023 18:45 WIB
Muhammad Kadafi Dorong Kemendikbudristek Berikan Akses TIK Merata ke Setiap Sekolah Anggota Komisi X DPR RI FPKB, Muhammad Kadafi (foto: istimewa)

RADARBANGSA.COM - Anggota Komisi X DPR RI, Muhammad Kadafi mengapresiasi program paltform pendidikan yang dimiliki Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) RI. Menurutnya, platform pendidikan tersebut banyak sekolah yang sudah merasakan manfaatnya.

Akan tetapi, kata Kadafi, masih banyak pula sekolah yang mengalami permasalah saat ingin mengakses platform pendidikan tersebut. Hal ini dialami oleh sekolah-sekolah yang belum memiliki akses teknologi yang memadai.

"Banyak sekolah-sekolah saya datang, udah punya TIK, wah kami sangat terbantu dengan program-program platform tersebut. Tetapi sekolah-sekolah yang belum dapat bantuan mereka yang tidak punya TIK mereka jadi cemburu," kata Kadafi dilansir dari laman resmi DPR RI, Rabu, 8 November 2023.

Dijelaskannya, dari sekolah-sekolah yang telah ia kunjungi, 50 persen diantaranya belum memiliki akses TIK seperti komputer dan akses internet yang memadai. Untuk itu, ia mendorong Kemendikbudristek untuk dapat bekerja sama dengan kepala daerah dalam menyediakan akses TIK di masing-masing sekolah.

"Mas Menteri harus bisa mendorong kepala daerah dalam program DAK-nya untuk menyediakan TIK di sekolah-sekolah. Karena ini juga berpengaruh dengan program UNBK jadi assessment nasional berbasis komputer kan? (Hal tersebut) juga jadi kendala dengan fasilitas TIK yang belum merata di semua sekolah," tegas Politisi Fraksi PKB ini.

Adapun beberapa platform pendidikan tersebut adalah Platform Merdeka Mengajar, Rapor Pendidikan, ARKAS, dan SIPLah. Merdeka Mengajar adalah platform teknologi yang disediakan bagi guru dan kepala sekolah untuk mendapatkan referensi, inspirasi, dan pemahaman dalam menerapkan Kurikulum Merdeka.