Percepatan Swasembada Gula, Mentan Amran Gandeng Brasil

Rahmad Novandri | Selasa, 07/11/2023 23:07 WIB
Percepatan Swasembada Gula, Mentan Amran Gandeng Brasil Amran Sulaiman (Menteri Pertanian RI). (Foto: Kementan RI)

RADARBANGSA.COM - Menteri Pertanian (Mentan) Andi Amran Sulaiman memastikan percepatan swasembada gula terus dilakukan. Mulai dari perizinan investasi hingga penggunaan teknologi.

Mentan mengungkapkan, terbaru pemerintah telah menjalin komunikasi dengan pemerintah Brasil untuk memperkuat teknologi mekanisasi. Kerjasama dengan Brasil akan menyeret adopsi teknologi modern untuk meningkatkan produktivitas gula nasional.

"Sekarang ini fokus kita adalah gula dulu agar terpenuhi karena harganya sedang tinggi. Tapi manakala gula rendah baru kita bergerak ke etanol. Sementara untuk membangun pabrik gula, rencananya ID Food akan bergerak di wilayah kawasan dan investor bergerak di wilayah teknologi," kata Amran Sulaiman dalam konferensi pers di kantornya, Selasa, 7 November 2023.

Mengakselerasi cita-cita swasembada gula tersebut, Kementerian Pertanian juga sekaligus menggandeng Kementerian BUMN untuk memberikan dukungan kepada BUMN pangan serta perusahaan pupuk untuk meningkatkan produktivitas pertanian.