Presiden Jokowi Ajak Semua Pihak Bersama Bangun IKN

Rahmad Novandri | Kamis, 02/11/2023 22:25 WIB
Presiden Jokowi Ajak Semua Pihak Bersama Bangun IKN Presiden Jokowi tengah berbincang dengan para CEO Perusahaan di Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, Kamis (2/11). (Foto: Setkab RI)

RADARBANGSA.COM - Presiden RI, Joko Widodo (Jokowi) mengatakan bahwa pembangunan Ibu Kota Nusantara (IKN) tidak bisa dilakukan sendiri oleh pemerintah. Karena itu, Presiden Jokowi mengajak semua pihak untuk berperan serta dalam pembangunan tersebut.

"Pemerintah tidak bisa sendiri, butuh peran semua dari kita, butuh kontribusi semua dari kita, termasuk utamanya para pengusaha, para investor para CEO, dan Bapak-Ibu semuanya yang hadir di sini," ujar Presiden saat berbicara dalam Kompas 100 CEO Forum, Kamis, 2 November 2023, di kawasan IKN, Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur.

Presiden mengungkapkan, total anggaran yang dibutuhkan untuk pembangunan IKN mencapai 33 miliar Dolar Amerika Serikat (AS) dan tidak mungkin ditanggung semuanya oleh pemerintah. Oleh karena itu, Presiden menekankan pentingnya kerja sama antara pemerintah dan sektor swasta.

"Kemarin kita rancang 20 persen itu dari anggaran APBN, yang 80 persen itu PPP atau dari private sector. Dan, yang saya senang setelah pemerintah memulai dua tahun yang lalu, pertengahan tahun ini sudah mulai swasta masuk, swasta masuk, swasta masuk, peletakan batu pertama, groundbreaking, groundbreaking, selalu terus," ujarnya.

Presiden menambahkan, hingga saat ini banyak investor asing yang tertarik untuk berinvestasi di kawasan IKN. Namun, Presiden menyebut bahwa saat ini pemerintah memprioritaskan investor dalam negeri.

"Misalnya dari Singapura kemarin 130 investor datang melihat Nusantara dan banyak yang berminat. Yang sudah letter of interest berapa, Pak, total? (Sebanyak) 320, banyak, tapi kita berikan terlebih dahulu kepada investor-investor dalam negeri," tuturnya.


Berita Terkait :