Tingkatkan Keahlian Siswa, Jokowi Dorong Sekolah Kejuruan Jalin Kerja Sama denan Industri

M. Isa | Kamis, 26/10/2023 18:54 WIB
Tingkatkan Keahlian Siswa, Jokowi Dorong Sekolah Kejuruan Jalin Kerja Sama denan Industri Presiden Jokowi (foto: setkab)

RADARBANGSA.COM – Presiden Joko Widodo (Jokowi) meninjau SMK Negeri 2 Palembang, Kota Palembang, Provinsi Sumatra Selatan, Kamis, 26 Oktober 2023.

Dalam kesempatan itu, Presiden Jokowi mendorong sekolah kejuruan untuk menjalin hubungan kerja sama dengan dunia industri. Menurutnya, keahlian dari para siswa dapat lebih terlatih sesuai dengan kebutuhan industri.

“Saya lihat (sekolah) sudah menjalin hubungan dengan industri, ada pesanan dari sana, ada melatih skill-nya di industri. Saya kira ini yang harus kita bangun,” kata Presiden Jokowi.

Presiden Jokowi juga mengapreasiasi keahlian dan keterampilan para siswa yang dapat membawa nama baik sekolah, seperti dalam bidang kesenian, perfilman, dan olahraga.

“Kemarin kita dari 51 emas, kita dapat 24 emas untuk skill seluruh keterampilan yang ada. Saya kira ini akan bagus sekali. Artinya SDM kita ini mempunyai keunggulan, skill-nya mempunyai keunggulan,” imbuhnya.

Selain itu, Presiden Jokowi mendorong sekolah kejuruan lainnya untuk terus meningkatkan fasilitas pendukung dalam mengasah keterampilan para siswa. “Memang beberapa SMK masih peralatan teknisnya, barang untuk mengasah skill anak masih kurang. Ini yang harus diperbaiki,” tukasnya.


Berita Terkait :