Komisi IV DPR RI Dorong Peternak Menjaga Kesehatan Hewan Ternak

Rahmad Novandri | Minggu, 22/10/2023 18:40 WIB
Komisi IV DPR RI Dorong Peternak Menjaga Kesehatan Hewan Ternak Wakil Ketua Komisi IV DPR Anggia Erma Rini (foto: dpr)

RADARBANGSA.COM - Wakil Ketua Komisi IV DPR RI, Anggia Erma Rini mendorong para peternak untuk menjaga kesehatan hewan ternak. Menurutnya, menjaga kesehatan ternak, utamanya terhadap hewan yang memberi manfaat ekonomi, memiliki peran besar dalam upaya mengatasi penyebaran penyakit hewan dan ancaman biologis. Terlebih, hewan yang bersumber dari luar yang masuk ke dalam negeri akibat pergerakan bebas orang dan barang serta ancaman pandemi yang tidak hanya untuk manusia, tetapi juga hewan dan lingkungan.

"Dari sudut pandang manusia, terutama terhadap hewan ternak yang memberikan manfaat ekonomi, kesehatan hewan sering kali tidak hanya dinilai dari ketiadaan penyakit, tetapi juga dari kemampuan hewan untuk mencapai produktivitas tertinggi," kata Anggia dilansir dari laman resmi DPR RI, Minggu, 22 Oktober 2023.

Ia menilai, penyakit pada ternak dapat menimbulkan kerugian ekonomi yang cukup besar bagi peternak khususnya dan masyarakat luas pada umumnya. Dalam hal ini, dia menyebut kasus wabah Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) telah nyata memberi banyak kerugian bagi para peternak maupun stabilitas stok daging dan harga daging sapi di pasar dalam negeri.

Karena itu, Anggia menilai diperlukan upaya konkrit yang berkaitan dengan pencegahan penyakit hewan melalui peningkatan mutu vaksin, vaksinasi, bio security maupun tindakan medis lainnya. “Sehingga memberikan dampak besar pada bidang pengobatan komparatif, kesehatan masyarakat dan keamanan pangan, serta kesehatan hewan,” tutur legislator PKB ini.