Gus Imin: Negara Harus Hadir Atasi Seluruh Masalah Santri

Rahmad Novandri | Minggu, 22/10/2023 13:05 WIB
Gus Imin: Negara Harus Hadir Atasi Seluruh Masalah Santri Panglima Santri Nusantara, Gus Imin memimpin Upacara Apel Hari Santri Nasional 2023 di Lapangan Tegalrejo, Magelang, Jawa Tengah, Minggu (22/10). (Foto: istimewa)

RADARBANGSA.COM - Panglima Santri Nusantara, Abdul Muhaimin Iskandar memimpin Upacara Apel Hari Santri Nasional tahun 2023, di Lapangan Tegalrejo, Magelang, Jawa Tengah, Minggu, 22 Oktober 2023. Dalam pidatonya, pria yang karib disapa Gus Imin ini menegaskan bahwa peringatan hari santri nasional berawal dari resolusi jihad perjuangan para ulama jauh sebelum kemerdekaan.

"Resolusi jihad itu fakta terakhir dari serangkaian perjuangan ulama-ulama jauh sebelum kemerdekaan. Resolusi jihad itu puncak dari seluruh pengorbanan darah, air mata dan nyawa yang diberikan para masyayikh, para auliya, para ulama untuk memulai jihad membangun negeri dan menegakkan bangsa Indonesia. Resolusi jihad adalah titik awal bahwa perjuangan panjang itu tidak boleh sia-sia dan kemerdekaan harus terjaga dan terwujud selama-lamanya di negeri kita tercinta. Amin," kata Gus Imin. 

Diungkapkannya, perjuangan para ulama merebut kemerdekaan tidak mudah karena mengorbankan darah hingga nyawa. Gus Imin pun meminta para santri agar siap menjadi pewaris amanat para ulama.

"Karena itu, yang pertama, kalian semua dan kita semua adalah pewaris sah dan mutlak negeri ini karena karya ulama dan para wali untuk negeri tercinta ini. Amin," tukas Gus Imin.

"Sanggup menjadi pewaris? Kalau kita tidak sanggup maka kita termasuk orang-orang yang kuwalat dan tidak bisa menjalankan amanah sekaligus warisan mulia ini. Sanggup?" ujarnya.

Calon Wakil Presiden (Cawapres) RI ini juga mengingatkan tanggungjawab negara kepada para santri. Gus Imin menilai masih banyak pesantren yang kesulitan dan harus mendapatkan perhatian dari pemerintah.

"Pesantren-pesantren yang masih banyak kesulitan. Airnya terbatas, fasilitasnya terbatas, semua keadaan serba sulit. Maka, insya Allah negara harus hadir mengatasi seluruh masalah-masalah yang dihadapi santrinya. Amin," tandas Ketua Umum PKB ini.

"Santri sehat, santri unggul, santri mandiri. Amin."


Berita Terkait :