Pemerintah Kembangkan Infrastruktur Pendukung PSN Kawasan Industri Prioritas Morowali

M. Isa | Kamis, 05/10/2023 22:54 WIB
Pemerintah Kembangkan Infrastruktur Pendukung PSN Kawasan Industri Prioritas Morowali Reses Komisi V DPR RI (foto: istimewa)

RADARBANGSA.COM – Pemerintah tengah melakukan pengembangan infastruktur di beberapa Kawasan Industri (KI) prioritas di Sulawesi Tengah (Sulteng).

Kepala Pusat Pengembangan Infrastruktur Wilayah Nasional, Zevi Azzaino mengatakan, pembangunan KI prioritas tersebut berada di Kabupaten Morowali, Sulawesi Tengah. Proyek ini merupakan salah satu Proyek Strategis Nasional (PSN) berdasarkan Keputusan Permenko Perekonomian No 9 Tahun 2022.

"Kawasan Industri ini butuh pengembangan infrastruktur pendukung dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR)," kata Zevi Azzaino dalam rilis pupr, Kamis, 5 Oktober 2023.

Menurut Zevi, KI Morowali dikelola oleh PT Indonesia Morowali Industrial Park (IMIP) memiliki potensi utama antara lain pengolahan feronikel, stainless steel dan produk hilirnya.

“Pengembangan Tahap I dilakukan perluasan kawasan sebesar 4.000 Hektar (Ha) dan telah dilakukan pengerjaannya,” tambahnya.

Sebagai informasi, dukungan infrastruktur Kementerian PUPR untuk KI Morowali tahun 2023 berupa; preservasi jalan nasional pada Ruas Bungku-Bahodopi-Batas Sultra sepanjang 2,84 km dan penanganan drainase, trotoar serta fasilitas keselamatan jalan Bungku-Bahodopi-Batas Sultra sepanjang 1 km. 

Sementara itu, Sekretaris Ditjen Perumahan M. Hidayat menerangkan, untuk mendukung KI Morowali, Ditjen Perumahan juga membangun rusun yang diperuntukan untuk PT IMIP.

"Ada sebanyak tiga tower kita bangun disana," ujarnya.