Menko Luhut Harap Kereta Cepat Beri Manfaat bagi Masyarakat di Daerah Lintasan

M. Isa | Senin, 02/10/2023 21:22 WIB
Menko Luhut Harap Kereta Cepat Beri Manfaat bagi Masyarakat di Daerah Lintasan kereta cepat jakarta bandung (Doc: Istimewa)

RADARBANGSA.COM – Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan meyakini keberadaan Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB) akan memberikan manfaat bagi masyarakat terutama yang berada di daerah lintasan, mulai dari pembukaan lapangan kerja hingga peningkatan pertumbuhan ekonomi.

“Mulai dari terciptanya lapangan kerja baru, utamanya bagi masyarakat lokal, menghadirkan multiplier effect terhadap moda transportasi lainnya atau kendaraan-kendaraan feeder, menciptakan pertumbuhan ekonomi di wilayah yang dilintasi oleh jalur kereta api cepat,” ungkap Luhut Binsar Pandjaitan di Jakarta, Senin, 2 Oktober 2023

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan beroperasinya Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB), di Stasiun KCJB Halim, Jakarta Timur.

“Dengan mengucap bismillahirrahmanirrahim, Kereta Cepat Jakarta-Bandung Whoosh saya nyatakan dioperasikan,” ujar Presiden Jokowi.

Presiden mengungkapkan, Whoosh merupakan singkatan dari Waktu Hemat, Operasi Optimal, Sistem Hebat. “W-H-O-O-S-H, dibaca ‘wus’. Ini diinspirasi dari suara yang melesat dari kereta berkecepatan tinggi ini, dan singkatan dari Waktu Hemat, Operasi Optimal, Sistem Hebat,” tukas Presiden Jokowi.