Presiden Jokowi Tinjau Persemaian Mentawir, Wujud Komitmen Pemerintah Jaga Lingkungan

Rahmad Novandri | Kamis, 21/09/2023 17:25 WIB
Presiden Jokowi Tinjau Persemaian Mentawir, Wujud Komitmen Pemerintah Jaga Lingkungan Presiden Jokowi meninjau persemaian Mentawir di Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, Kamis (21/9). (Foto: Setkab RI)

RADARBANGSA.COM - Presiden RI, Joko Widodo (Jokowi) menegaskan bahwa persemaian Mentawir dibangun sebagai bentuk komitmen pemerintah terhadap lingkungan. Hal tersebut disampaikan Presiden Jokowi usai meninjau Persemaian Mentawir di Kabupaten Penajam Paser Utara, Provinsi Kalimantan Timur, Kamis, 21 September 2023.

"Intinya kita ingin memperbaiki lingkungan, merehabilitasi hutan, baik hutan alam, hutan yang rusak, tropical rain forest yang rusak, hutan mangrove yang perlu direhabilitasi, semua kita kerjakan," kata Presiden Jokowi dalam keterangannya kepada awak media.

Presiden juga menyampaikan bahwa persemaian tersebut sebagai dasar yang dipersiapkan pemerintah untuk memperbaiki lingkungan, termasuk pemulihan lahan atau reklamasi pasca tambang. Presiden mengungkapkan, saat ini sudah ada Peraturan Menteri (Permen) ESDM yang mengatur setiap perusahaan tambang di Tanah Air harus memiliki pusat persemaian (nursery center).

"Ini menunjukkan komitmen kuat kita bahwa kita memang ingin memperbaiki, memang ingin merehabilitasi," ungkap Presiden.

Presiden pun menargetkan proses penanaman di Ibu Kota Nusantara (IKN) akan segera dilakukan dalam waktu dekat. Hal tersebut, menurut Presiden, bergantung pada curah hujan yang akan turun di IKN.

"Kalau nanti awal hujan sudah dateng nanti dibawa ke sana. Ini sudah jutaan yang sudah siap," tutur Presiden.


Berita Terkait :