Gus Halim Canangkan Panca Aksi Penggerak Masyarakat

M. Isa | Rabu, 30/08/2023 16:03 WIB
Gus Halim Canangkan Panca Aksi Penggerak Masyarakat Menteri Desa PDTT Abdul Halim Iskandar (foto: istimewa)

RADARBANGSA.COM - Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (Mendes PDTT) Abdul Halim Iskandar atau Gus Halim mencanangkan Panca Aksi Penggerak Swadaya Masyarakat (PSM) di Jakarta, Selasa, 29 Agustus 2023.

“Lima aksi ini memiliki keterkaitan yang erat dengan budaya desa maupun kebijakan pembangunan yang mengarah pada kemandirian desa,” kata Gus Halim.

"Yang jelas semua pembangunan yang dilakukan harus sesuai dengan mazhab pembangunan pada level desa dengan pendekatan mikro," sambungnya.

Gus Halim menjelaskan bahwa Panca Aksi PSM yang pertama adalah masuk dan aktif pada forum komunikasi PSM nusantara, kedua meningkatkan literasi warga terhadap capaian-capaian pembangunan dan SDGs Desa. Ketiga, katanya, bergotong royong membuka peluang usaha dan peluang kerja baru. lalu keempat fokus menggerakan solidaritas warga untuk mengurangi kemiskinan.

“Sedangkan kelima adalah bersama-sama menjaga kerukunan warga,” jelasnya.

Gus Halim menegaskan bahwa lima poin yang telah dicanangkan itu harus dijalankan dan tidak boleh sedikit pun diabaikan.

“Sebab peran PSM merupakan sebagai penghubung antar-kelas baik dari level bawah maupun level atas yang bertujuan untuk peningkatan kualitas SDM,” tegasnya.