Indonesia Usulkan Integrasi Dana Kesehatan di Kawasan ASEAN

M. Isa | Jum'at, 25/08/2023 22:17 WIB
Indonesia Usulkan Integrasi Dana Kesehatan di Kawasan ASEAN Konferensi Pers Pertemuan Menteri Kesehatan ASEAN di Jakarta (foto: istimewa)

RADARBANGSA.COM – Pemerintah Indonesia melalui Sekretaris Jenderal Kunta Wibawa Dasa Nugara menyatakan Indonesia dalam keketuaan ASEAN tahun 2023 telah mengusulkan integrasi dana kesehatan dari berbagai pihak ke dalam satu wadah khusus bernama One Health Care Fund.

“Gagasan pengintegrasian dana kesehatan bertujuan untuk mempermudah akses negara Kawasan untuk mendapatkan dana kesehatan terutama pada di masa kegawatdaruratan,” kata Kunta Wibawa Dasa Nurgaha di Jakarta, Kamis, 24 Agustus 2023.

Menurut Kunta, selama ini dana kesehatan di Kawasan belum dikelola dengan baik. Cenderung terpisah-pisah sehingga sulit untuk mendapatkan akses. Ini berbeda dengan sektor keuangan yang mana sistem pendanaanya telah terstruktur dengan baik.

“Dalam pertemuan informal dengan Menkes ASEAN dan Sekretariat ASEAN telah disampaikan timeline dan prosedur dalam pengajuan dana, harapannya mekanisme ini bisa segera terbentuk,” imbuhnya.

Sebagai informasi, Menteri Keuangan dan Menteri Kesehatan ASEAN melakukan pertemuan di Jakarta pada 24 Agustus 2023. Pertemuan ini membahas tentang upaya penguatan arsitektur kesehatan global di kawasan. Pertemuan ini menghasilkan 4 poin penting yang diharapkan bisa meningkatkan sektor kesehatan dalam menghadapi tantangan di masa depan.

TAG : ASEAN , Kemenkes