Gus Halim Tegaskan Jati Diri Pendamping Desa Harus Diperkuat

M. Isa | Senin, 21/08/2023 21:58 WIB
Gus Halim Tegaskan Jati Diri Pendamping Desa Harus Diperkuat Mendes PDTT Abdul Halim Iskandar (foto: Gus Halim)

RADARBANGSA.COM - Menteri Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Mendes PDTT), Abdul Halim Iskandar (Gus Halim) menyatakan jati diri pendamping desa perlu diperkuat. Hal ini untuk mendukung integritas, kapabilitas, elektabilitas dan kapasitas dalam mengurus dana desa.

"Pendamping desa juga perlu diperkuat jati diri yang sebenarnya, karena mencipatkan pendamping yang miliki intergritas bukanlah hal yang mudah," kata Gus Halim di Semarang, Minggu, 20 Agustus 2023.

Menurut Gus Halim, pendamping desa yang ideal harus berintegritas, kepribadian bagus, serta kapabilitas bagus yaitu menguasai dana desa hingga musyawarah desa. Jika telah menguasai tugasnya dengan baik, maka pendamping desa populer hingga miliki elektabilitas.

“Sebenarnya tugas pendampingan seperti identifikasi serta pengisian daily report tidaklah sulit. Termasuk soal mengurus dana desa yang membutuhkan skill dan itu hal yang mudah. Yang ngomong daily report susah itu, ya itu karena males saja," imbuhnya.

Gus Halim menyampaikan bahwa yang sulit adalah jati diri pendamping desa, yaitu mengenai pemahaman diri sendiri. "Sehingga perlu diperkuat jati dirinya. Ini akan membuat pendamping desa memahami diri dan bisa menempatkan diri, serta ujungnya pendamping desa memang dibutuhkan," ungkapnya.


Berita Terkait :