Gus Halim Ungkap Program Transmigrasi Dukung Pertumbuhan Ekonomi

M. Isa | Rabu, 16/08/2023 19:42 WIB
Gus Halim Ungkap Program Transmigrasi Dukung Pertumbuhan Ekonomi Menteri Desa PDTT Abdul Halim Iskandar (foto: istimewa)

RADARBANGSA.COM – Menteri Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Mendes PDTT), Abdul Halim Iskandar atau Gus Halim mengungkapkan, program transmigrasi berhasil mendukung pertumbuhan ekonomi dan percepatan pengembangan kawasan di berbagai daerah.

“Sebanyak 2,2 juta keluarga transmigran atau lebih dari 9,2 juta jiwa telah membangun 3.606 satuan pemukiman transmigrasi di 619 kawasan transmigrasi,” kata Gus Halim saat menganugerahkan Transmigran Teladan dan Petugas Pelaksana Pengembangan Satuan Permukiman Transmigran (P3SPT) Teladan 2023 di Jakarta, Selasa, 15 Agustus 2023 kemarin.

"Ini adalah prestasi transmigran kita yang telah berjuang tanpa mengenal lelah dan tentu ini bagian penting dari percepatan pembangunan Indonesia," sambungnya.

Gus Halim menjelaskan bahwa hasil pertumbuhan ekonomi dari Program Transmigrasi dari pertanian dan perkebunan ditunjukkan oleh meluasnya 3,3 juta hektare (ha) lahan padi, 310.322 ha lahan jagung, dan 1,14 juta ha lahan sawit. Di lahan transmigrasi juga, imbuhnya, bergerak industrialisasi melalui pendirian 22 pabrik kelapa sawit, 1 pabrik serbuk karet, juga 4 pabril kakao.

"Aksi transmigran telah mendukung pertumbuhan ekonomi melalui aktifnya 10.668 kelompok tani, 1.135 koperasi, 495 pasar, 812 BUM Desa, dan 50 kawasan sentra produksi CPO," imbuhnya.

Gus Halim mengajak seluruh pihak untuk terus maksimalkan program transmigrasi. Menurutnya, banyak masyarakat yang ingin mendaftar pada program transmigrasi tersebut seperti halnya masyarakat Aceh.

"Mereka menyatakan ingin Program Transmigrasi untuk menggenjot pembangunan dan etos kerja masyarakat di wilayah itu," tukas Gus Halim.


Berita Terkait :