Cegah Korupsi, Gus Halim Ajak Pendamping Desa Bikin Gerakan dari Rumah ke Rumah

M. Isa | Selasa, 15/08/2023 22:20 WIB
Cegah Korupsi, Gus Halim Ajak Pendamping Desa Bikin Gerakan dari Rumah ke Rumah Mendes PDTT Abdul Halim Iskandar (foto: Gus Halim)

RADARBANGSA.COM – Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (Mendes PDTT) Abdul Halim Iskandar mengajak pendamping desa membuat gerakan kunjungan rumah kerumah untuk meningkatkan partisipasi masyarakat mengawasi dana desa.

"Semakin tinggi partisipasi masyarakat, saya yakin tingkat korupsi akan semakin turun,” kata Mendes PDTT Abdul Halim Iskandar di Jakarta, Senin, 14 Agustus 2023.

Menurut Gus Halim-sapaan akrabnya, korupsi di desa itu karena partisipasi masyarakatnya rendah karena dinilai masyarakat gak peduli. Untuk itu, peningkatan kapasitas pemdamping di desa itu juga dalam rangka meningkatkan partisipasi masyarakat didalam pembangunan desa.

"Tugas kita adalah bagaimana mitigasi korupsi dengan cara meningkatkan partisipasi masyarakat dalam pembangunan desa. Sehingga, harus betul-betul ditingkatkan supaya ada penurunan jumlah kades yang korupsi," imbuhnya.

Oleh karena itu, Gus Halim menginginkan di tahun 2023 ini, terdapat suatu gerakan kunjungan dari rumah kerumah oleh tenaga pendamping untuk menyampaikan atau menginformasikan atau mensosialisasikan kepada masyarakat desa tentang pembangunan dan pemberdayaan masyarakat desa.

"Mulai dari perencanaannya, dana yang terpakai, siapa yang berhak, bagaimana cara ikut berpasrtisipasi dan seterusnya. Targetnya adalah bagaimana agar semakin banyak warga yang peduli,” tukas Gus Halim.


Berita Terkait :