Gus Halim: Pertumbuhan Ekonomi Beri Efek Terhadap Kemajuan Desa

M. Isa | Jum'at, 11/08/2023 18:48 WIB
Gus Halim: Pertumbuhan Ekonomi Beri Efek Terhadap Kemajuan Desa Mendes PDTT Abdul Halim Iskandar (foto: Gus Halim)

RADARBANGSA.COM – Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (Mendes PDTT) Abdul Halim Iskandar menyambut gembira atas pertumbuhan ekonomi Indonesia sebesar 5,17 persen pada kuartal II tahun 2023.

"Pertumbuhan ini melampaui harapan pasar dan menunjukkan penguatan ekonomi Indonesia di tengah perlambatan ekonomi global," kata Mendes PDTT, Abdul Halim Iskandar dalam keterangannya, Jumat 11 Agustus 2023.

Meskipun desa umumnya memiliki struktur ekonomi yang lebih sederhana, Menurut Gus Halim-sapaan akrabnya, pertumbuhan ekonomi nasional dapat memberikan berbagai efek positif pada sektor-sektor ekonomi di desa.

“Pertumbuhan ekonomi yang stabil cenderung meningkatkan daya beli masyarakat. Dengan peningkatan daya beli, masyarakat di desa akan memiliki lebih banyak pengeluaran untuk membeli barang dan jasa, baik dari produk lokal maupun luar desa. Ini akan merangsang aktivitas perekonomian local,” tukasnya.

Gus Halim menjelaskan bahwa desa juga akan diberdayakan untuk meningkatkan ekonomi melalui Badan Usaha Milik Desa (BUMDesa). Hal ini dilakukan untuk meningkatkan ekonomi dan kesejahteraan rakyat.

"Kemendes mendukung pengembangan Desa Wisata yang dikelola oleh BUMDesa, untuk memastikan bahwa segala aspek terkait pengembangan wisata akan mendapatkan dukungan dana dan perlindungan hukum," jelas Gus Halim.


Berita Terkait :