Delegasi Timor Leste Minta Dukungan Soal Keanggotaan Penuh di ASEAN

M. Isa | Selasa, 08/08/2023 19:38 WIB
Delegasi Timor Leste Minta Dukungan Soal Keanggotaan Penuh di ASEAN Ketua DPR RI Puan Maharani menerima delegasi parlemen Timor Leste (foto: dprri)

RADARBANGSA.COM - Ketua DPR RI sekaligus Presiden 'ASEAN Inter Parliamentary Assembly' (AIPA) 2023 Puan Maharani melakukan bilateral meeting dengan Ketua Parlemen Nasional Timor Leste, Maria Fernanda Lay di Senayan, di Fairmont Hotel, Jakarta, Selasa (8/8/2023).

“Saya berharap, Timor Leste dapat memenuhi kriteria yang diamanatkan dalam Roadmap Keanggotaan Penuh menjelang pelaksanaan KTT ASEAN pada September 2023 mendatang," kata Puan Maharani.

Dalam kesempatan itu juga, Puan menekankan bahwa Indonesia selalu mendorong negara-negara ASEAN untuk mendukung keanggotaan penuh Timor Leste di ASEAN. Bahkan, kata Puan, DPR juga memberi dorongan untuk mitra-mitra eksternal bagi Timor Leste.

Kemudian Puan sempat menyinggung mengenai peningkatan kerja sama kedua negara dalam berbagai bidang, seperti perekonomian, perdagangan dan investasi. Ia menekankan pentingnya Indonesia dan Timor Leste merealisasikan Perjanjian Bilateral di Bidang Investasi (Bilateral Investment Treaty).

"Hal ini akan menciptakan iklim investasi yang lebih kondusif dan mendorong lebih banyak lagi investasi Indonesia ke Timor Leste," ungkap Puan.

TAG : AIPA , WAIPA

Berita Terkait :