Pemerintah Dorong Pemanfaatan Energi Terbarukan dalam Sistem Transportasi

M. Isa | Rabu, 02/08/2023 21:48 WIB
Pemerintah Dorong Pemanfaatan Energi Terbarukan dalam Sistem Transportasi Motor listrik (molis) foto: istimewa

RADARBANGSA.COM – Pemerintah melalui Kementerian Perhubungan (Kemenhub) terus mendorong pemanfaatan energi terbarukan dalam sistem transportasi Indonesia untuk mengurangi emisi gas rumah kaca.

Menurut Menteri Perhubungan (Menhub), Budi Karya Sumadi, sektor transportasi menjadi fokus dari program transisi penggunaan energi terbarukan, salah satunya melalui penggunaan kendaraan listrik berbasis baterai, untuk mengendalikan permasalahan perubahan iklim dan emisi gas rumah kaca (GRK).

“Penggunaan kendaraan listrik ini turut berperan dalam dekarbonisasi transportasi jalan yang menyumbang lebih dari 15% emisi energi global,” kata Menhub Budi Karya Sumadi di Jakarta, Selasa, 1 Agustus 2023 kemarin.

Menhub Budi berharap penggunaan kendaraan listrik dapat meningkatkan efisiensi energi, mengurangi ketergantungan pada bahan bakar karbon, dan meningkatkan kualitas udara.

Lebih lanjut, Menhub Budi mengungkapkan bahwa Indonesia berpotensi untuk memproduksi kendaraan listrik secara nasional, juga bersaing di industri kendaraan listrik global. Oleh karenanya, ia mendorong sinergi dan dan kolaborasi antar lembaga pemerintah, pelaku industri otomotif, dan masyarakat untuk menciptakan ekosistem kendaraan listrik.

"Untuk itu, bagaimana kita mampu menciptakan ekosistem kendaraan listrik, termasuk produksi komponen penting seperti baterai, menjadi hal yang krusial," ungkapnya.


Berita Terkait :