Bapanas Tegaskan Beras Bansos Rusak Harus Segera Diganti Bulog

Rahmad Novandri | Rabu, 02/08/2023 17:45 WIB
Bapanas Tegaskan Beras Bansos Rusak Harus Segera Diganti Bulog Ilustrasi beras. (Foto: Istimewa)

RADARBANGSA.COM - Badan Pangan Nasional (Bapanas) memastikan beras bantuan dari pemerintah yang disalurkan oleh Bulog memiliki kualitas yang baik. Bulog harus segera mengganti jika ditemukan beras bantuan yang rusak.

Deputi Bidang Ketersediaan dan Stabilisasi Pangan Badan Pangan Nasional I Gusti Ketut Astawa memastikan beras bantuan pemerintah yang disalurkan oleh Bulog memiliki kualitas yang baik. Dijelaskannya, hal itu sekaligus menghilangkan stigma negatif bahwa bantuan beras Pemerintah kerap diasumsikan masyarakat punya kualitas yang kurang bagus.

"Sekali lagi kami sampaikan, bantuan yang diberikan kepada KPM tersebut, adalah beras dengan kualitas yang bagus sehingga tidak lagi kita stigma, setiap beras yang diberikan kepada masyarakat itu beras seolah beras jelek, kita harus hilangkan stigma itu," ujar Ketut dikutip dari okezone.com, Rabu, 2 Agustus 2023.

Lebih lanjut disampaikannya, apabila ada beras bantuan pemerintah yang punya kualitas kurang baik, maka Bapanas juga sudah menginstruksikan Bulog untuk segera mengganti dengan produk yang baru.

"Kalau ada saat penerimaan terjadi kekurangan atau sedikit rusak karena hujan, maka pada saat itu juga harus diganti, itulah salah satu pola yang dilakukan oleh Bulog dan diperintahkan Bapanas," sambungnya.

Ketut menambahkan Pemerintah akan kembali menggelontorkan bantuan beras yang akan mulai disalurkan mulai pada Bulan Oktober, November, dan Desember. Setiap Keluarga Penerima Manfaat (KPM) nantinya akan diberikan 10kg untuk 3 bulan.


Berita Terkait :