Ketua DPR RI Harap RUU KIA Dapat Dukungan dari Semua Pihak

Rahmad Novandri | Selasa, 25/07/2023 19:55 WIB
Ketua DPR RI Harap RUU KIA Dapat Dukungan dari Semua Pihak Puan Maharani (Ketua DPR RI). (Foto: twitter @DPR_RI)

RADARBANGSA.COM - Ketua DPR RI, Puan Maharani menilai, negara masih memiliki banyak tantangan dalam menciptakan generasi masa depan yang berkualitas. Hal itu disampaikannya dalam rangka memperingati Hari Anak Nasional (HAN) tahun 2023.

Sebab itu, dirinya menekankan, Rancangan Undang-Undang Kesejahteraan Ibu dan Anak (RUU KIA) yang merupakan RUU Inisiatif DPR sangat diperlukan untuk mendukung perbaikan kualitas anak Indonesia, khususnya dari kalangan kurang mampu. Ia juga mendorong Pemerintah bekerja sama dengan stakeholder terkait untuk memperkuat sosialisasi dan edukasi kepada masyarakat mengenai hal ini.

"Untuk menciptakan generasi unggul, orang tua harus dibantu Pemerintah dalam mengupayakan tumbuh kembang maksimal pada anak. Salah satunya memberikan gizi seimbang bagi anak mulai dari kandungan hingga 1.000 hari pertama setelah melahirkan," ujarnya dilansir dari laman resmi DPR RI, Selasa, 25 Juli 2023.

Dengan tema 'Anak Terlindungi, Indonesia Maju' dalam HAN 2023, Pemerintah Indonesia diingatkan untuk dapat menciptakan lingkungan yang baik bagi anak-anak di seluruh pelosok negeri. Puan menuturkan, diperlukan dukungan kesehatan dan pola asuh yang optimal agar anak-anak Indonesia terlindungi.

"Untuk menciptakan generasi berkualitas, pastinya dukungan untuk ibu juga sangat diperlukan. Oleh karenanya, DPR menginisiasi RUU KIA karena DPR memahami perkembangan anak tidak terlepas dari peran ibu," terangnya.

Ia pun berharap RUU KIA dapat segera terealisasi menjadi UU dan mendapatkan dukungan dari berbagai pihak, termasuk kalangan industri. Salah satunya dengan memberikan kesempatan bagi ibu bekerja untuk memiliki ruang menjalankan perannya dalam memberikan pengasuhan terbaik bagi anak sambil menjalankan tanggung jawabnya sebagai pekerja.

"Karena ibu bekerja memperkuat kestabilan keuangan keluarga yang memberikan kontribusi bagi kemajuan perekonomian negara dan angka kesejahteraan rakyat," tegas Puan.

Perempuan pertama yang menjabat sebagai Ketua DPR RI itu mengajak seluruh lapisan masyarakat bergotong-royong menciptakan lingkungan aman bagi anak-anak. Tidak hanya kekerasan fisik saja, ia mengingatkan bahwa dampak dari kekerasan psikis pada anak berpotensi buruk dalam jangka panjang terhadap perkembangan anak hingga beranjak dewasa.

"Di peringatan Hari Anak Nasional ini, saya mengajak para orang tua, keluarga, guru, tenaga pendidik di luar sekolah, dan seluruh elemen masyarakat lain untuk juga menjaga kesehatan mental anak. Karena kekerasan bukan hanya datang secara fisik, tapi juga psikis," tandasnya.