Kota Tangerang Miliki 11 Ambulan Mini ICU Gratis!

M. Isa | Jum'at, 07/07/2023 21:48 WIB
Kota Tangerang Miliki 11 Ambulan Mini ICU Gratis! Ambulan (foto: istimewa)

RADARBANGSA.COM – Pemerintah Kota Tangerang memiliki 23 unit ambulans dan 11 diantaranya adalah ambulans mini ICU yang merupakan jenis ambulans Smart 119.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Tangerang, Dini Anggraeni mengatakan, ambulan tersebut dikhususkan untuk menangani kondisi gawat darurat berat, karena memiliki fasilitas medis yang lebih lengkap.

“Seluruh ambulans di Kota Tangerang termasuk ambulans mini ICU bekerja atau standby selama 24 jam penuh dan dapat dimanfaatkan masyarakat secara gratis atau tanpa dipungut biaya,” kata Dini Anggraeni di Tangerang, Jumat, 7 Juli 2023.

Dini Anggraeni menjelaskan, fasilitas yang dimiliki pada ambulans tipe Smart 119 sudah berstandar ICU. Mulai dari, flash light bar, sirine, lemari peralatan medis, power inverter 1500W, automatic ambulance stretcher merupakan lat untuk membawa dan memindahkan pasien.

Selain itu, imbuh Dini, ambulan tersebut juga dilengkapi led lamp, fixed centeral gas oxygen system, monitor pasien yang digunakan untuk memantau kondisi pasien secara real time yang tampak melalui monitor.

“Smart 119 atau ambulans mini ICU juga dilengkapi suction pup yang merupakan alat medis yang yang menghisap berbagai jenis cairan yang terbentuk dari proses sekresi tubuh yang dalam kondisi tertentu perlu untuk dihilangkan atau dibersihan,” tambahnya.

Menurut Dini, Dinas Kesehatan mencatat, di 2022 ambulans Smart 119 telah melayani 1.514 kasus penanganan. Sementara itu, masyarakat Kota Tangerang, yang ingin memanfaatkan layanan ambulans gratis baik itu ambulans biasa maupun Smart 119, masyarakat hanya perlu order ke layanan kegawatdaruratan 112 atau 119 atau di nomor 021-55771135.

“Petugas bersiaga 24 jam penuh,” tandas Dini.


Berita Terkait :