Kemendes PDTT Ajak APDESI Sinergi Bangun Desa

M. Isa | Selasa, 27/06/2023 17:15 WIB
Kemendes PDTT Ajak APDESI Sinergi Bangun Desa Sekretaris Jenderal Kemendes PDTT, Taufik Madjid (foto: kemendes)

RADARBANGSA.COM – Sekretaris Jenderal (Sekjend) Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendes PDTT), Taufik Madjid mengajak Asosiasi Pemerintah Desa Seluruh Indonesia (APDESI) bersinergi dalam percepatan pembangunan desa.

Kepala Desa dan Perangkat Desa adalah ujung tombak dari pembangunan bangsa dan negara saat ini,” jelas Taufik Madjid saat menghadiri pelantikan DPC APDESI Halmahera Timur, Maluku Utara, Sabtu, 24 Juni 2023 lalu.

Taufik Madjid menerangkan, dari total 102 desa di Kabupaten Halmahera Timur perlu sentuhan APDESI dan para akademisi agar desa-desa yang tersebar di 10 Kecamatan tersebut terus berkembang dan maju.

Taufik Madjid juga meminta APDESI Halmahera Timur agar menggali potensi desa dan warta desa untuk pengembangan pembangunan berkelanjutan. Dengan begitu, katanya, dapat memberikan sumbangsih dalam peningkatan kesejahteraan warga desa.

Menurutnya, pemerintah selama ini telah mengucurkan APBN langsung ke desa atau yang disebut dengan Dana Desa. Bahkan, beberapa aspirasi APDESI telah dikabulkan yang salah satunya ada 3 persen DD untuk oprasional perangkat desa. Hal itu harus disambut baik oleh para Kepala Desa agar DD itu betul-betul dimanfaatkan untuk pembangunan desa secara maksimal.

“Besaran DD saya diperintah Bapak Menteri untuk memperjuangkan untuk penetapan pagu DD Nasional Rp 67 triliun, kalau boleh harus lebih dari itu,” tutup Taufik Madjid.


Berita Terkait :