Wapres Minta Peluang Peningkatan Pangsa Pasar Ekspor Udang Dioptimalkan

Rahmad Novandri | Senin, 26/06/2023 19:45 WIB
Wapres Minta Peluang Peningkatan Pangsa Pasar Ekspor Udang Dioptimalkan KH Maruf Amin (Wakil Presiden RI). (Foto: twitter @Kiyai_MarufAmin)

RADARBANGSA.COM - Wakil Presiden (Wapres) RI, KH Maruf Amin meminta peluang peningkatan pangsa pasar udang dioptimalkansebaik mungkin. Menurutnya, hal itu agar target ekspor komoditas udang sebesar 4,3 miliar dolar AS tahun 2024 dapat tercapai.

"peluang besar peningkatan pangsa pasar dalam industri ini sepatutnya mampu kita optimalkan," ujarnya seperti dilansir dari antaranews, Senin, 26 Juni 2023.

Disampaikannya, Indonesia saat ini menempati peringkat ketiga terbesar dalam ekspor udang global setelah Ekuador dan India. Namun, pangsa pasar udang Indonesia masih cukup kecil yaitu sekitar 6 persen.

Menurut Wapres, masa endemi COVID-19 menjadi momentum sekaligus peluang untuk memulihkan dan terus memperkuat daya tahan sektor pangan perikanan, termasuk budi daya udang. "Budi daya udang menawarkan nilai ekonomi yang potensial. Ekspor udang selama kurun waktu Januari sampai dengan April 2023 misalnya, telah berkontribusi signifikan dengan porsi 32,5 persen dari total ekspor produk perikanan Indonesia," tuturnya.

Wapres menekankan apabila budi daya udang berhasil, diharapkan target ekspor komoditas udang mencapai 4,3 miliar dolar AS pada 2024 dapat terealisasikan.

Lebih jauh, Wapres menyampaikan harapan menjadikan Indonesia sebagai pemain besar dalam industri dan ekspor udang memerlukan kerja keras dan kesungguhan. Sehingga aspek penting dari sisi hulu dan hilir masih harus diperkuat.

"Untuk itu, kegiatan panen udang hari ini saya kira menjadi momentum penting untuk mendukung kebangkitan sektor perikanan Indonesia, khususnya budi daya udang," ucapnya.