KPU RI Harap Catatan Kejanggalan Data Daftar Pemilih Disampaikan Secara Detail

Rahmad Novandri | Kamis, 22/06/2023 18:18 WIB
KPU RI Harap Catatan Kejanggalan Data Daftar Pemilih Disampaikan Secara Detail Ketua KPU RI Hasyim Asyari (foto: kpu)

RADARBANGSA.COM - Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI, Hasyim Asy'ari berharap catatan dan masukan dari berbagai pihak terkait masalah kejanggalan data dalam penyusunan daftar pemilih tetap (DPT) Pemilu 2024 disampaikan secara detail dan rinci kepada KPU RI.

"Kami berharap disampaikan kepada KPU, kemudian kita duduk secarar bersama-sama antara KPU dan pihak yang memberikan catatan," ujarnya dalam konferensi pers di Media Center KPU RI, Jakarta, Kamis, 22 Juni 2023.

Selanjutnya, kata Hasyim, setelah catatan dan masukan itu diterima maka KPU akan menggelar pertemuan dengan berbagai pihak terkait, seperti Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) dan perwakilan Pemerintah, untuk memutuskan apakah catatan tersebut patut ditindaklanjuti atau tidak.

Menurut Hasyim, sampai saat ini masih ada sejumlah pihak yang belum memberikan data secara detail mengenai masalah kejanggalan data dalam penyusunan DPT Pemilu 2024. Namun, laporan tersebut tidak disampaikan secara rinci terkait pemilik nama dan tempat tinggal. 

"Sampai saat ini, KPU belum pernah menerima data detail. Misalnya, ada nama yang cuma satu huruf. Itu ada di mana? Siapa namanya? Itu sampai sekarang kami belum pernah mendapatkan informasi tersebut dan tidak disampaikan," kata Hasyim.