Wapres Maruf Amin Dukung Penguatan Kelembagaan KPAI

Rahmad Novandri | Rabu, 21/06/2023 22:15 WIB
Wapres Maruf Amin Dukung Penguatan Kelembagaan KPAI KH Maruf Amin (Wakil Presiden RI). (Foto: YouTube NU Channels)

RADARBANGSA.COM - Wakil Presiden (Wapres) RI, KH Maruf Amin menerima jajaran pengurus Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) di Istana Wakil Presiden, Jakarta, Selasa, 20 Juni 2023. Pada kesempatan itu, Wapres mendukung penguatan kelembagaan KPAI sebagai lembaga perlindungan anak-anak di Indonesia.

"Saya setuju kalau KPAI itu untuk kelembagaannya diperkuat," ujar Wapres.

Menurut Wapres, KPAI selama ini telah melakukan langkah optimal dalam menyelesaikan permasalahan mengenai anak-anak di Indonesia. Hal tersebut diharapkan menjadi data dukung yang cukup untuk mendukung kebutuhan pemberdayaan masyarakat di masa mendatang.

"Saya menaruh perhatian (terhadap) berbagai penemuan (inovasi) yang selama ini dilakukan untuk [memberikan] informasi, dalam rangka pemberdayaan sumber daya manusia, baik dalam menghadapi pembangunan sumber daya manusia ke depan, dan juga dalam rangka Indonesia Emas," paparnya.

Lebih lanjut, Wapres menekankan fokus pemerintah dalam menghasilkan sumber daya manusia yang berdaya saing tinggi, baik di tingkat nasional maupun global. "Kita kan memang ingin membangun SDM yang unggul, yang mampu berkompetisi, baik di tingkat nasional maupun global. Tentu sumber daya yang sehat, cerdas, berkarakter berintegritas, seperti itu anak-anak yang kita siapkan ke depan," tukasnya.

Terakhir, Wapres memberikan apresiasi kepada KPAI yang telah berkontribusi besar dalam menyelesaikan berbagai kasus anak. "Kami menyampaikan apresiasi kepada KPAI yang selama ini bekerja untuk terus melakukan berbagai langkah perlindungan anak yang menyangkut masalah stunting, masalah pelecehan seksual, kekerasan, kemudian juga pernikahan dini," pungkas Wapres.