Baleg DPR RI Serap Aspirasi Pengusaha Industri Sandang

M. Isa | Rabu, 21/06/2023 20:44 WIB
Baleg DPR RI Serap Aspirasi Pengusaha Industri Sandang Ketua Baleg DPR RI, Supratman (foto: dpr)

RADARBANGSA.COM – Badan Legislasi DPR RI menggelar Rapat Dengar Pendapat Umum (RDPU) dengan Direktur Industri Tekstil Kulit dan Alas Kaki, Kementerian Perindustrian RI, dan Ikatan Pengusaha Konveksi Bandung (IPKB) di Gedung Nusantara I, Senayan, Jakarta, Rabu, 21 Juni 2023.

“Kita ingin mendapatkan gambaran yang seutuhnya bagaimana sesungguhnya industri sandang kita dari hulu ke hilir,” kata Ketua Baleg DPR RI, Supratman.

Kedua, imbuh Supratman, pihaknya ingin mendapatkan masukan dari para pengusaha di bidang tekstil, sepatu dan lain-lain terkait Sandang.

“Kita (juga) ingin mendapatkan masukan dari teman-teman pengusaha juga yang bergerak di bidang baik tekstil, pakaian, sepatu dan sandal maupun dan lain-lain yang masuk dalam kategori sandang,” imbuhnya.

Ketua Ikatan Pengusaha Konveksi Bandung, Nandi Herdiama menyampaikan beberapa kendala yang ditemui oleh para industri konveksi berskala Menengah Kecil di Bandung antara lain terganggunya pasar domestik, sehingga tidak bisa menyerap produk lokal dengan baik. Selain itu, ia meminta adanya pembatasan impor secara bijaksana.

“Dengan adanya produk tekstil impor baik baru maupun bekas yang harganya di bawah produk IKM juga berpengaruh bagi industri sandang tanah air,” katanya.

Menanggapi pernyataan tersebut, Supratman menilai permasalahan yang disampaikan sebenarnya berada di hilir seperti soal impor maupun pakaian bekas. Meski begitu, ia menegaskan permasalahan tersebut harus diselesaikan sesegera mungkin.

“Tadi apa yang disampaikan itu menjadi perasaan kita semua. Kepada kawan-kawan yang punya Dapil yang terkait dengan industri tekstil, terutama Jawa barat untuk bisa lebih mendengarkan apa yang menjadi persoalan real IKM tadi,” ungkapnya.


Berita Terkait :