Presiden Jokowi Tegaskan Tugas Negara Memastikan Integrasi Industri Terjadi

Rahmad Novandri | Selasa, 20/06/2023 17:05 WIB
Presiden Jokowi Tegaskan Tugas Negara Memastikan Integrasi Industri Terjadi Presiden Jokowi meninjau Smelter PT Amman Mineral Nusa Tenggara (AMNT), di Kabupaten Sumbawa Barat, NTB, Selasa (20/6). (Foto: Setkab RI)

RADARBANGSA.COM - Presiden RI, Joko Widodo (Jokowi) menegaskan bahwa di dalam pembangunan hilirisasi industri di Indonesia yang berada di berbagai wilayah, maka tugas negara adalah memastikan integrasi antar industri tersebut terjadi. Hal tersebut disampaikan Presiden saat meninjau pembangunan smelter PT Amman Mineral Nusa Tenggara (AMNT) yang berada di Sumbawa Barat, Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB), Selasa 20 Juni 2023.

Presiden mengingatkan bahwa kesempatan Indonesia untuk melompat menjadi negara maju kalau bisa mengintegrasikan semua smelter, semua industri yang ada di negara kita yang terpencar-pencar, yang ada di barat, yang ada di timur, ada yang di tengah.

"Tugas negara di situ memastikan integrasi terjadi," tegasnya.

Sebelumnya, Presiden meminta agar nantinya turunan-turunan dari hasil smelter juga diintegrasikan agar menjadi barang jadi dengan ekosistem besar, salah satunya ekosistem kendaraan listrik. Presiden menilai, hal tersebut dapat mendorong Indonesia menjadi negara maju.

"Seperti yang sering saya sampaikan litium baterai, EV baterai, dan nanti jadi barang gedenya apa? Mobil listrik, kalau itu jadi ya itu ekosistem besar itu yang selesai kita bangun, itu lah nanti yang melompatkan kita dari negara berkembang menjadi negara maju ya itu salah satunya," tutur Presiden Jokowi.


Berita Terkait :