Hadiri ILC di Jenewa, Menaker Ida Fauziyah Pimpin Delegasi Indonesia

M. Isa | Selasa, 13/06/2023 16:00 WIB
Hadiri ILC di Jenewa, Menaker Ida Fauziyah Pimpin Delegasi Indonesia Menteri Ketenagakerjaan (Menaker) Ida Fauziyah (foto: istimewa)

RADARBANGSA.COM – Menteri Ketenagakerjaan (Menaker), Ida Fauziyah, memimpin delegasi Indonesia dalam rangkaian acara Konferensi Perburuhan Internasional atau International Labour Conference (ILC) ke-111 yang diselenggarakan di Jenewa, Swiss pada tanggal 5-16 Juni 2023.

"Kami ikut dalam ILC tahun ini karena Indonesia siap dan terus berkomitmen meningkatkan kerja sama dengan negara lain dan ILO untuk mempromosikan pekerjaan yang layak dan memajukan keadilan sosial untuk semua,” kata Menaker Ida Fauziyah melalui siaran persnya, Selasa, 13 Juni 2023.

Menaker Ida Fauziyah menyampaikan bahwa ILC yang digelar secara rutin setiap tahun itu melibatkan unsur tripartit dari 187 negara anggota ILO yang terdiri dari unsur pemerintah, unsur pengusaha, dan unsur serikat pekerja/serikat buruh (SP/SB).

"Saya yakin delegasi tripartit Indonesia akan memberikan kontribusi nyata untuk kesuksesan ILC ini melalui berbagai diskusi, rekomendasi, dan kolaborasi dalam merespon isu-isu global ketenagakerjaan saat ini,” katanya.

Sebagai informasi, isu-isu yang dibahas dalam ILC ke-111 antara lain transisi berkeadilan di bidang ketenagakerjaan dalam merespon perubahan iklim, merumuskan rekomendasi kebijakan pemagangan yang berkualitas, keselamatan dan kesehatan kerja (K3) menjadi hak dasar di tempat kerja, dan aplikasi standar internasional ketenagakerjaan, serta program dan anggaran ILO untuk periode 2024-2025.


Berita Terkait :