Dukung Konektivitas Kawasan Gorontalo, Pemerintah Bangun Jalan GORR

M. Isa | Senin, 12/06/2023 18:57 WIB
Dukung Konektivitas Kawasan Gorontalo, Pemerintah Bangun Jalan GORR Pembangunan jalan GORR (Foto: istimewa)

RADARBANGSA.COM – Pemerintah melalui Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) terus menyelesaikan pembangunan Jalan Gorontalo Outer Ring Road (GORR) guna mendukung konektivitas dan pengembangan kawasan Gorontalo dan sekitarnya.

Juru Bicara Kementerian PUPR, Endra S. Atmawidjaja mengatakan konektivitas antar kawasan diperlukan agar mobilitas logistik (barang dan jasa) dan masyarakat lebih efisien.

"Dengan pembangunan GORR ini, kita ingin melihat Kota Gorontalo yang lebih kompetitif maju ke depannya. Mampu mengantisipasi arah perkembangan kota dan mewadahi ruang untuk tumbuhnya ekonomi kota,” kata Endra di Jakarta, Senin, 12 Juni 2023.

Sebagai informasi, pembangunan jalan GORR merupakan salahsatu jalan nasional non-tol (tidak berbayar) yang dilaksanakan oleh Balai Pelaksana Jalan Nasional (BPJN) Gorontalo secara bertahap sejak 2014 yang terbagi dalam 3 Segmen.

Sementara itu, Kepala BPJN Gorontalo, Agung Sutardjo mengungkapkan bahwa keberadaan jalan ring road ini juga sebagai jalur alternatif bagi kendaraan menuju Pelabuhan Gorontalo sebagai pelabuhan pengumpul, supaya tidak perlu masuk dalam Kota Gorontalo, sehingga lalu lintas bisa lebih lancar, kondisi jalan dalam kota lebih awet tidak dilintasi kendaraan besar, sekaligus dapat menekan angka kecelakaan.

“Di samping itu jalan GORR juga mendukung konektivitas tiga wilayah penghasil jagung yakni Kota Gorontalo, Kabupaten Bone Bolango, dan Kabupaten Gorontalo,” ungkapnya.

TAG : GORR , Gorontalo

Berita Terkait :