Komisi VI DPR Dorong Kementerian Koperasi dan UKM Tingkatkan Penyerapan Anggaran 2023

M. Isa | Kamis, 08/06/2023 21:21 WIB
Komisi VI DPR Dorong Kementerian Koperasi dan UKM Tingkatkan Penyerapan Anggaran 2023 Kantor Kementerian Koperasi dan UKM (foto: istimewa)

RADARBANGSA.COM – Komisi VI DPR RI melakukan rapat kerja (raker) dengan Menteri Koperasi dan UKM, Teten Masduki di Gedung Nusantara I, DPR RI, Senayan, Jakarta, Kamis, 8 Juni 2023.

Dalam pembacaan hasil raker tersebut, Wakil Ketua Komisi VI Martin Manurung mengatakan Komisi VI menyetujui pagu indikatif yang terdiri dari program dukungan manajemen sebesar Rp411 miliar, dan program kewirausahaan serta UMKM dan Koperasi sebesar Rp1,086 triliun.

"Komisi VI DPR RI menyetujui usulan tambahan anggaran Kementerian Koperasi dan UKM RI Tahun 2024 sebesar Rp1.511.075.512.000," ujar Martin Manurung.

Selain itu, Komisi VI DPR RI juga mendorong Kementerian Koperasi dan UKM untuk dapat meningkatkan kinerja dan penyerapan anggaran di tahun 2023. Peningkatan kinerja tersebut, melihat dari penyerapan anggaran Kemenkop UKM tahun 2022 sebesar Rp94,17 persen.

"Komisi VI DPR RI meminta Kementerian Koperasi dan UKM RI untuk menciptakan ekosistem koperasi sebagai bagian integral dari industri usaha simpan pinjam koperasi sebagai bagian integral dari industri keuangan nasional dan meningkatkan inklusi keuangan masyarakat akar rumput," tambah Martin.

Tak kalah penting, dalam raker tersebut, Komisi VI DPR juga mendukung program Kemenkop-UKM dalam mendata koperasi dan UMKM yang ada, Komisi VI mendukung Kemenkop-UKM sebagai wali data tunggal Koperasi dan UMKM yang terintegrasi di seluruh Indonesia.


Berita Terkait :