Luluk Nur Hamidah: RUU Kesejahteraan Ibu dan Anak Penting Bagi Keberlangsungan Negara

M. Isa | Selasa, 06/06/2023 19:01 WIB
Luluk Nur Hamidah: RUU Kesejahteraan Ibu dan Anak Penting Bagi Keberlangsungan Negara Anggota Baleg DPR RI Luluk Nur Hamidah (foto: dpr)

RADARBANGSA.COM – Anggota Badan Legislasi (Baleg) DPR RI Luluk Nur Hamidah menjelaskan betapa pentingnya kesejahteraan ibu dan anak dalam melahirkan sumber daya manusia (SDM) yang unggul bagi negara.

“RUU Kesejahteraan Ibu dan Anak hadir untuk memastikan beban-beban yang selama ini dirasakan perempuan dapat diambil alih oleh negara dan masyarakat dalam RUU ini,” kata Luluk Nur Hamidah saat diskusi forum legislasi di Gedung DPR, Selasa, 6 Juni 2023.

Menurut politisi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) ini, sampai saat ini pemerintah masih belum hadir secara penuh dalam membantu perempuan melahirkan SDM berkualitas.

"Di mana negara? Padahal negara sangat membutuhkan hadirnya perempuan di dalam negaranya. Padahal jika sudah ada kelahiran di negara ini, bangsa ini akan berhenti dan tidak ada lagi yang namanya kelahiran,” imbuhnya.

Lebih lanjut, kata Luluk, hadirnya RUU Kesejahteraan Ibu dan Anak juga diharapkan dapat menjadi pegangan agar sebagai warga negara setiap orang tidak lagi melanggengkan diskriminasi dan juga ketimpangan gender.

“RUU ini dibentuk sebagai itikad baik dan juga pemenuhan hak konstitusional bahwa penyelenggaraan kesejahteraan ibu dan anak harus diselenggarakan secara komprehensif dan tidak terpecah-pecah,” imbuhnya.

Terakhir, Luluk berharap bukan hanya pemerintah yang berusaha untuk peduli dengan keberadaan perempuan, tetapi para pria sekaligus suami yang juga harus lebih memperhatikan istrinya. Sehingga dengan adanya RUU KIA ini, Indonesia akan unggul karena perempuan Indonesia akan menghasilkan anak yang berpendidikan.