Menuju Target Net Zero Emission, Luluk Nur Hamidah Dukung Program Dekarbonisasi

Ahmad Zubaidi | Senin, 22/05/2023 17:51 WIB
Menuju Target Net Zero Emission, Luluk Nur Hamidah Dukung Program Dekarbonisasi Anggota Komisi IV DPR RI FPKB, Luluk Nur Hamidah (foto: radarbangsa)

RADARBANGSA.COM – Anggota Komisi IV DPR RI, Luluk Nur Hamidah mendukung PT Pertamina Hulu Energi (PHE) sebagai Subholding Upstream Pertamina, agar terus berupaya meningkatkan kinerja yang mendukung ketahanan energi nasional. Untuk itu, ia meminta PHE untuk memaksimalkan eksplosasi baru untuk memenuhi kebutuhan energi dalam negeri.

“Saya minta PHE melakukan bernagai upaya maksimal seperti kegiatan eksplorasi baru guna memenuhi kebutuhan energi dalam negeri,” kata Luluk Nur Hamidah dalam keterangan tertulisnya, Senin, 22 Mei 2023.

Politisi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) itu mengharapkan PHE memiliki strategi dalam transisi energi menuju Net Zero Emission (NZE) pada 2060 mendatang. Seperti dekarbonisasi dan inovasi teknologi Carbon Capture Utilization & Storage (CCUS) dan Carbon Capture Storage (CCS).

“Program dekarbonisasi itu sendiri yaitu dengan secara progresif mengurangi dan memperkuat penggunaan bahan bakar ramah lingkungan menggantikan bahan bakar fosil,” kata Luluk.

Menurutnya, dekarbonisasi ini harus didukung oleh semua kalangan karena bukan hanya secara signofikan mampu mengurangi emisi,tapi juga sekaligus menjamin ketersediaan dan ketahanan  energi secara mandiri.

“Komitmen Indonesia yang telah menetapkan target emisi net zero pada 2060 dan pengurangan emisi 32 persen pada 2030 butuh dukungan serius dari semua pihak,” imbuhnya.

Lebih lanjut, Luluk menuturkan bahwa pengurangan emisi karbon bisa dilakukan baik pada kegiatan eksplorasi maupun eksploitasi minyak dan gas bumi. Sebagai perusahaan negara, PHE harus menjadi pelopor transisi energi, karena PHE merupakan kontributor utama produksi migas nasional.

“Pada tahun 2022, PHE memberikan kontribusi sebesar 68% produksi minyak nasional dan 34% produksi gas nasional,” tutupnya.


Berita Terkait :