Pemerintah Siap Berikan Pelayanan Transportasi Udara Terbaik untuk Jemaah Haji

M. Isa | Jum'at, 26/05/2023 22:01 WIB
Pemerintah Siap Berikan Pelayanan Transportasi Udara Terbaik untuk Jemaah Haji Garuda Indonesia (foto: tiket.com)

RADARBANGSA.COM – Pemerintah melalui Kementerian Perhubungan (Kemenhub) bersama pemangku kepentingan di sektor penerbangan siap memberikan pelayanan transportasi udara yang optimal kepada para jamaah Haji tahun 2023.

“Kami siap memberikan dukungan kepada Kementerian Agama selaku leading sector penyelenggaraan ibadah Haji. Melalui pelayanan transportasi udara yang selamat, aman, dan nyaman bagi para jemaah Haji,” ujar Direktur Angkutan Udara Eka Putu Cahyadi di Jakarta, Jumat, 26 Mei 2023.

Menurut Eka, sejumlah upaya telah dilakukan Kemenhub melalui Ditjen Perhubungan Udara untuk melancarkan penyelenggaraan Haji tahun 2023 melalui pelayanan transportasi udara. Mulai dari menyiapkan sarana dan prasarana transportasi udara, hingga menyiapkan personil yang bertugas untuk menjaga keselamatan, keamanan dan pelayanan transportasi udara bagi para jemaah.

“Tahun ini tentu ada penambahan bandara embarkasi yakni Bandara Internasional Jawa Barat di Kertajati. Ini yang menjadi hal baru dan persiapannya sudah kita lakukan sejak jauh hari,” ujar Eka.

Adapun waktu pelaksanaan penerbangan jemaah Haji yakni dibagi dalam empat gelombang yang terdiri dari dua gelombang keberangkatan dan dua gelombang kedatangan. Gelombang I Pemberangkatan menuju Madinah (24 Mei – 7 Juni 2023) dan Gelombang II Pemberangkatan ke Jeddah (8 Juni – 22 Juni 2023).

Sedangkan untuk pemulangan, Gelombang I Pemulangan dari Jeddah (4 Juli – 18 Juli 2023) dan Gelombang II Pemulangan dari Madinah (19 Juli – 3 Agustus 2023).