Daniel Johan Minta Penjelasan Mendag Zulkifli Hasan Soal Lonjakan Harga Telur dan Daging Ayam

M. Isa | Selasa, 23/05/2023 17:55 WIB
Daniel Johan Minta Penjelasan Mendag Zulkifli Hasan Soal Lonjakan Harga Telur dan Daging Ayam Daniel Johan (Wasekjen PKB). (Dok PKB)

RADARBANGSA.COM - Anggota Komisi IV DPR RI Daniel Johan meminta penjelasan Menteri Perdagangan (Mendag) Zulkifli Hasan pasca melonjaknya harga telur dan daging ayam dalam dua minggu terakhir.

“Seharusnya kenaikan harga tersebut dapat diantisipasi dengan fokus strategi dari hulu hingga ke hilir,” kata Daniel Johan dalam keterangannya, Selasa, 23 Mei 2023.

Berdasarkan data dari Ikatan Pedagang Pasar Indonesia, di Jabodetabek harga telur berada dikisaran Rp31.000 hingga Rp34.000 per kilogram. Di luar Jawa atau wilayah timur, telur mencapai harga Rp38.000 per kilogram bahkan ada yang lebih dari Rp40.000 per kilogramnya.

Sedangkan untuk harga daging ayam broiler, ungkapnya, sudah mencapai Rp40.000 di daerah Jabodetabek. Lalu di luar pulau Jawa, harga pasaran tertinggi mencapai Rp44.000 sampai Rp48.000.

“Ada dua faktor utama penyebab harga telur dan daging ayam naik drastis dalam dua pekan terakhir yakni faktor produksi dan distribusi. Faktor produksi menjadi penyebab kenaikan harga di hulu. Para peternak kerap kesulitan mendapatkan pakan yang layak untuk hewan ternaknya," tandas Daniel.

Selain itu, lanjut Politisi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) itu penyebab kenaikan harga telur dan daging ayam karena banyak pendistribusian dilakukan di luar pasar. Sehingga, ketersediaan di pasar menjadi langka dan harga mengalami kenaikan.

“Penanganan yang efektif harus dilakukan untuk mencegah kelangkaan dan peningkatan harga yang tidak wajar,” tegas Daniel.


Berita Terkait :